Ta'diban: Journal of Islamic Education
Vol 5 No 1 (2024): Juli-Desember

Analisis Pemahaman Guru Sekolah Dasar Terhadap Kurikulum Merdeka

Lubis, Syamsidah (Unknown)
Nurul Izza Nadeak (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pemahaman tenaga pendidik (guru) SD pada Kurikulum Merdeka. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan. Yaitu dengan cara mengumpulkan jurnal atau artikel yang berkaitan dengan analisa pemaham guru SD dalam memahami kurikulum merdeka. Adapaun analisis penelitian yang telah dilakukan adalah merangkum hasil data wawancara juga suber data kuantitatif dari jurnal-jurnal sebelumnya yang menjadi referensi disesuaikan dengan jenis penelitian setiap jurnal yang menjadi referensi penulis pada penelitian ini. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa guru sudah memahami mengenai esensi dari Kurikulum Merdeka. Namun masih kurang paham dalam hal mengimplementasikan kurikulum merdeka dalam pembelajaran karena disebabkan oleh beberapa hal. Namun juga dari hasil penelitian mendapati bahwa ada sekolah yang guru-gurunya sudah sangat paham mengenai kurikulum Merdeka juga sudah mampu dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka dalam pembelajaran. Pemahaman tersebut didapati melalui pembelajaran melalui berbagai situs Kemendikbudristek.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tadibanjournals

Publisher

Subject

Religion Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ta’diban: Journal of Islamic Education adalah Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang fokus pada pendidikan anak dari berbagai aspek dan perspektif. Jurnal ini berisi tulisan tentang gagasan konseptual, kajian dan penerapan teori, penulisan praktis dan hasil penelitian ...