Ta'diban: Journal of Islamic Education
Vol 5 No 1 (2024): Juli-Desember

Pengembangan Evaluasi Ranah Psikomotorik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Madrasah Ibtidaiyah Negeri

Lissafrina, Lissafrina (Unknown)
Hidayah, Hikmatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganilis kemudian mendeskripsikan Proses Evaluasi Pembelajaran pada Ranah Psikomotorik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Metode yang digunakan dalam penelitian dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian Pada penilaian pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada ranah psikomotorik Di MIN 13 Aceh Timur meliputi (analysis, development, implementation, dan evaluation) serta penilaian program komprehensif. Sedangkan itu metode yang bisa digunakan merupakan metode uji serta metode non uji. Beberapa tes yang dapat dihunakan untuk mengevaluasi ranaha psikomotorik yaitu: Meniru, manipulasi, ketepatan, artipulasi, dan alamiah. Ranah psikomotorik pada taksonomi Bloom lebih dominan aplikasinya pada proses tingkah laku dan pelaksanaan, sebagaimana fungsinya untuk meneruskan nilai-niai yang terdapat pada kognitif dan diteruskan melalui afektif sehingga dapat di aplikasikan secara nyata pada ranah psikomotorik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tadibanjournals

Publisher

Subject

Religion Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ta’diban: Journal of Islamic Education adalah Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang fokus pada pendidikan anak dari berbagai aspek dan perspektif. Jurnal ini berisi tulisan tentang gagasan konseptual, kajian dan penerapan teori, penulisan praktis dan hasil penelitian ...