Tujuan penelitian ini untuk menganilis kemudian mendeskripsikan Proses Evaluasi Pembelajaran pada Ranah Psikomotorik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Metode yang digunakan dalam penelitian dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian Pada penilaian pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada ranah psikomotorik Di MIN 13 Aceh Timur meliputi (analysis, development, implementation, dan evaluation) serta penilaian program komprehensif. Sedangkan itu metode yang bisa digunakan merupakan metode uji serta metode non uji. Beberapa tes yang dapat dihunakan untuk mengevaluasi ranaha psikomotorik yaitu: Meniru, manipulasi, ketepatan, artipulasi, dan alamiah. Ranah psikomotorik pada taksonomi Bloom lebih dominan aplikasinya pada proses tingkah laku dan pelaksanaan, sebagaimana fungsinya untuk meneruskan nilai-niai yang terdapat pada kognitif dan diteruskan melalui afektif sehingga dapat di aplikasikan secara nyata pada ranah psikomotorik.
Copyrights © 2024