Penelitian ini bertujuan mengkaji penerapan metode pembelajaran mejemuk untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas 5B MIN 2 Batam pada tahun ajaran 2024/2025. Berpikir kritis dianggap sebagai keterampilan penting yang harus dikembangkan pada siswa untuk memenuhi tuntutan pendidikan abad ke-21, siswa mampu menganalisis, mengevaluasi, dan memecahkan masalah secara efektif. Pendekatan pembelajaran majemuk dipilih karena kemampuannya untuk menggabungkan berbagai metode dan strategi pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa yang beragam. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, mengumpulkan informasi melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis hasil kinerja siswa. Temuan menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran majemuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa melalui aktivitas seperti diskusi kelompok dan analisis studi kasus, yang juga meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan rasa percaya diri siswa. Keberhasilan pendekatan ini didukung oleh kesiapan guru dan lingkungan kelas yang kondusif. Penelitian ini merekomendasikan agar pembelajaran majemuk dipertimbangkan sebagai strategi efektif untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa di sekolah, serta diharapkan dapat menjadi acuan bagi pendidik di MIN 2 Batam dan sekolah lainnya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
Copyrights © 2024