Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pendidik dalam membentuk karakter dan akhlak peserta didik sesuai dengan prinsip-prinsip filsafat pendidikan Islam di RA Nashrus Sunnah Madiun. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari tiga orang pendidik: ketua yayasan, kepala sekolah, dan guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pendidik dalam membentuk karakter dan akhlak peserta didik telah sesuai dengan prinsip-prinsip filsafat pendidikan Islam, yang tercermin dari perubahan perilaku peserta didik yang semakin baik. Pendidik di RA Nashrus Sunnah berperan sebagai teladan dalam mengajarkan kebiasaan-kebiasaan baik kepada siswa. selain mengajar, guru juga berperan sebagai fasilitator, motivator, inspirator, organisator, inisiator, pembimbing, demonstrator, pengelola kelas, mediator, supervisor, dan evaluator. Fokus pendidikan di RA Nashrus Sunnah adalah tidak hanya pada pengetahuan agama, tetapi juga pada kemampuan siswa untuk mengaplikasikan kebiasaan-kebiasaan baik dalam kehidupan sehari-hari. Dukungan sekolah untuk meningkatkan kualifikasi dan profesionalisme pendidik juga berdampak positif terhadap strategi pengajaran yang diterapkan. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya peran pendidik dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan sesuai dengan nilai-nilai Islam, serta perlunya peningkatan berkelanjutan dalam kualifikasi dan profesionalisme pendidik untuk mencapai hasil pendidikan yang optimal.
Copyrights © 2024