Abuya: Jurnal Pendidikan dasar
Vol. 2 No. 2 (2024): Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar

PERAN PENTING PENDIDIK DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM (STUDI KASUS DI RA NASHRUS SUNNAH MADIUN)

Ariyanti (Unknown)
Anwar, Saiful (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pendidik dalam membentuk karakter dan akhlak peserta didik sesuai dengan prinsip-prinsip filsafat pendidikan Islam di RA Nashrus Sunnah Madiun. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari tiga orang pendidik: ketua yayasan, kepala sekolah, dan guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pendidik dalam membentuk karakter dan akhlak peserta didik telah sesuai dengan prinsip-prinsip filsafat pendidikan Islam, yang tercermin dari perubahan perilaku peserta didik yang semakin baik.  Pendidik di RA Nashrus Sunnah berperan sebagai teladan dalam mengajarkan kebiasaan-kebiasaan baik kepada siswa. selain mengajar, guru juga berperan sebagai fasilitator, motivator, inspirator, organisator, inisiator, pembimbing, demonstrator, pengelola kelas, mediator, supervisor, dan evaluator. Fokus pendidikan di RA Nashrus Sunnah adalah tidak hanya pada pengetahuan agama, tetapi juga pada kemampuan siswa untuk mengaplikasikan kebiasaan-kebiasaan baik dalam kehidupan sehari-hari. Dukungan sekolah untuk meningkatkan kualifikasi dan profesionalisme pendidik juga berdampak positif terhadap strategi pengajaran yang diterapkan. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya peran pendidik dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan sesuai dengan nilai-nilai Islam, serta perlunya peningkatan berkelanjutan dalam kualifikasi dan profesionalisme pendidik untuk mencapai hasil pendidikan yang optimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

abuya

Publisher

Subject

Religion Humanities Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar Is an open access, and peer-reviewed journal that focuses on critical studies of elementary education. Investigated the dynamics of learning students at State Elementary Education/ Islamic Elementary Education (SD/MI). Besides focusing on the development of teaching at ...