Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu
Vol. 2 No. 12 (2024): GJMI - DESEMBER

Epistemologi Dalam Lensa Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab UINSU: Implikasi bagi Pembelajaran Bahasa Arab

Putri Nazila (Unknown)
Nurhayati (Unknown)
Rezafitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana mahasiswa pengajar bahasa Arab UINSU mengkonstruksi pengetahuannya dalam bahasa Arab.metode penelitian ini dilakukan secara kualitatif dan Melalui wawancara mendalam terhadap lima mahasiswa, penelitian ini mengungkap keberagaman pemahaman epistemologis yang dipengaruhi oleh latar belakang akademis, pengalaman belajar, dan interaksi sosial. Siswa dengan perspektif konstruktivis cenderung lebih aktif dalam belajar dan mampu menghubungkan pengetahuan baru dengan pengalaman sebelumnya, sedangkan siswa dengan perspektif positivis cenderung pasif dan bergantung pada otoritas 'guru'. Hasil tersebut menunjukkan pentingnya pendekatan pembelajaran fleksibel yang mengakomodasi pemahaman siswa yang beragam, serta pengembangan program yang menekankan pada proses konstruksi pengetahuan. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman yang lebih mendalam tentang pembelajaran bahasa Arab dan mempunyai implikasi penting bagi praktik pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gjmi

Publisher

Subject

Religion Aerospace Engineering Arts Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Earth & Planetary Sciences Economics, Econometrics & Finance Education Public Health Social Sciences Other

Description

Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu (GJMI) adalah sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu sosial, hukum, pertanian, pendidikan, ekonomi, ...