Jurnal Ilmia Widya Pustaka Pendidikan
Vol 12 No 2: Edisi Juli - Desember 2024

PENGARUH MODEL PBL BERBASIS QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Br Simarmata, Putri Sonia (Unknown)
Hasibuan, Rahman Pratama (Unknown)
Rajagukguk, Waminton (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah membuka peluang baru dalam dunia pendidikan. Salah satu platform yang semakin populer adalah Quizizz, sebuah aplikasi berbasis game yang memungkinkan pembuatan kuis interaktif. Matematika sebagai salah satu mata pelajaran inti seharusnya menjadi wadah ideal untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Model Problem Based Learning (PBL) adalah model pembelajaran yang berpusat pada siswa, di mana mereka bekerja dalam kelompok-kelompok kecil untuk menyelidiki masalah kehidupan nyata. Penelitian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review). Systematic Literature Review adalah metode penelitian yang dilakukan dengan cara mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi dan menafsirkan. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan tinjauan sistematis terhadap jurnal dan sumber terkait lainnya dan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model Problem Based Learning (PBL) berbasis Quizizz terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa SMA dalam pembelajaran matematika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

widya

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan merupakan jurnal ilmiah akses terbuka dan peer-review yang diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram. Tujuan penerbitan jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan teori-teori baru dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang pendidikan ...