Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 6 No. 3 (2024): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Implementasi Pembelajaran Diferensiasi Pada Pendidikan Kejuruan

Jumadin (Unknown)
Syahrul (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2024

Abstract

Pembelajaran diferensiasi merupakan pendekatan penting dalam pendidikan yang menyesuaikan pengajaran dengan kebutuhan dan karakteristik individu siswa. Penerapan teknologi inovatif dalam pembelajaran diferensiasi menawarkan potensi besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya dalam pendidikan kejuruan yang menyiapkan siswa menjadi profesional yang kompeten. Penelitian ini membahas manfaat dan tantangan penerapan teknologi pembelajaran diferensiasi, termasuk peningkatan kompetensi profesional siswa, motivasi, dan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran. Teknologi pendidikan, seperti aplikasi pembelajaran digital, augmented reality (AR), dan virtual reality (VR), berperan dalam menciptakan pengalaman belajar yang lebih personal, interaktif, dan berbasis kebutuhan individu siswa. Namun, meskipun terdapat banyak manfaat, tantangan besar seperti kebutuhan pelatihan khusus bagi guru masih menjadi hambatan dalam implementasinya. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengidentifikasi metode dan teknologi yang paling efektif dalam pendidikan kejuruan serta untuk memperkuat hubungan antara pendidikan dan industri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...