Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 6 No. 3 (2024): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Melalui Penggunaan Power Point

Ananda Sakir (Unknown)
Syamsuddin (Unknown)
Sumarni (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan belajar peserta didik melalui penggunaan PowerPoint dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilakukan di UPT SLB 2 Makassar dengan subjek peserta didik berkebutuhan khusus. Permasalahan utama adalah rendahnya keaktifan peserta didik dalam pembelajaran yang ditandai dengan kurangnya perhatian terhadap materi dan tugas yang diberikan. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan implementasi pembelajaran berbasis PowerPoint untuk menyajikan materi dengan elemen visual dan interaktif. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan PowerPoint mampu meningkatkan keaktifan peserta didik, yang ditunjukkan dengan peningkatan fokus, respons, dan partisipasi dalam pembelajaran. Temuan ini memberikan rekomendasi untuk memanfaatkan teknologi sebagai alat bantu dalam pendidikan khusus.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...