Penelitian ini memiliki bertujuan berupa pengidentifikasian serta melakukan penganalisisan mengenai upaya dalam peningkatan perkembangan motorik halus anak usia dini dengan melalui pelaksanaan kegiatabn bermain lego di TK Ananda Binjai Barat. Pendidikan fisik motorik pada anak usia dini sangat penting, terutama pada perkembangan motoric halus mereka untuk membantu mereka serta memudahkan mereka dalam melakukkan seluruh kegiatan sehari-hari nantinya. Pada kegiatan permainan lego yang telah dilaksanakan pada saat jam istirahat ataupun pada saat permainan dikelas ini diharapkan dapat memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan mereka terutama pada perkembangan motorik halusnya. Metode yang telah kami gunakan dalam penelitian ini dengan cara melakukkan pendekatan kualitatif dengan proses observasi, wawancara, serta melakukan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pelaksanaan kegatan bermain lego ini tidak hanya menunjukkan peningkatkan pada aspek aspek perkembangan motorik halus mereka, tetapi juga memberikan kontribusi pada perkembangan lainnya seperti pada perkembangan sosial, emosional, seni serta moral anak. Dengan demikian, hal ini dapat menjadikan kegiatan pelaksanaan bermain lego dapat menjadi salah satu strategi yang begitu efesien dan efektif dalam pembentukkan perkembangan motorik anak usia dini.
Copyrights © 2025