Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 8 No 2 (2024)

Pengembangan Media Pembelajaran Mind of Digestive Board Game Berbasis Model CBL (Case-Based Learning) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa

Rachmasari, Putri Emylia (Unknown)
Setiawan, Deny (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Hasil studi pendahuluan menunjukkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kogntif siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa Mind of Digestive board game berbasis model CBL (Case-Based Learning) yang valid, praktis, dan efektif pada materi Sistem Pencernaan Manusia untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Kevalidan media diketahui dari hasil validasi oleh validator media, materi, dan praktisi pendidikan. Kepraktisan media diketahui dari hasil angket respon kepraktisan oleh siswa dan guru. Keefektifan media diketahui dari hasil pretest dan posttest yang dilanjutkan analisis N-gain. Hasil validasi media oleh validator media 96%, validator materi 100%, dan validator praktisi pendidikan 100%. Hasil angket respon kepraktisan oleh siswa 96% dan oleh guru 100%. Hasil uji N-gain keterampilan berpikir kritis diperoleh skor N-gain 0,70 (kriteria sedang) dan persentase N-gain 70% (cukup efektif). Hasil uji N-gain hasil belajar kognitif diperoleh skor N-gain 0,62 (kriteria sedang) dan persentase N-gain 62% (cukup efektif). Hasil tersebut menunjukkan bahwa Mind of Digestive board game berbasis model CBL dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...