Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 8 No 2 (2024)

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP Kelas VIII Pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi

Amellia, reskiamelia (Unknown)
Hasanuddin, Hasanuddin (Unknown)
Saenab, Sitti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Penelitian dilakukan untuk: Mengetahui kategori keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP kelas VIII sebelum dan setelah diajar model pembelajaran inkuiri terbimbing, mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dan mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ialah Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian ialah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar. Teknik Pengambilan sampel ialah Purposive Sampling. Teknik analisis data terdiri dari statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian diperoleh kategori keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diajar inkuiri terbimbing berada pada kategori tinggi dengan perolehan nilai rata-rata 68,51. Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dilihat dari perolehan N-Gain 0,47, serta pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dilakukan melalui uji t diperoleh Ho ditolak dan Hi. Berdasarkan hasil maka dapat disimpulkan adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar dengan kategori keterampilan berpikir kritis peserta didik berada pada kategori tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...