Penerapan Kurikulum Merdeka menuntut guru melakukan asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif dalam menyelenggarakan pembelajaran. Pengemasan ketiga jenis asesmen perlu dilakukan guru secara komprehensif dan sesuai dengan tujuan penerapannya. Pada kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini difokuskan pada pelatihan pengembangan asesmen bagi guru-guru matematika SMP/MTs Kab. Siak sebanyak 24 peserta. Pelaksanaan kegiatan menggunakan metode diskusi, pleno, dan refleksi serta dilanjutkan dengan penyusunan produk secara berkelompok. Terdapat lima kelompok peserta yang masing-masing menyusun asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif untuk satu Capaian Pembelajaran (CP). Pelatihan ini dapat memotivasi peserta dalam menyusun asesmen sehingga setiap kelompok dapat menghasilkan asesmen yang dapat digunakan dalam pembelajaran untuk satu CP. Diharapkan sebagai tindak lanjut dari kegiatan pengabdian ini, guru-guru dapat menyusun asesmen secara mandiri sebagai instrumen yang dapat digunakan dalam melakukan asesmen dalam pembelajaran matematika berbasis Kurikulum Merdeka
Copyrights © 2025