Pinisi Journal of Community Service
Volume 1, Nomor 2, 2024

Peningkatan Kapasitas Penulisan Karya Ilmiah Menuju Pendidikan Berkualitas

Asmar (Unknown)
Salam, Rudi (Unknown)
Haslip, M. Azwar (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2024

Abstract

Pelaksanaan gerakan literasi di sekolah membutuhkan pendekatan yang menyeluruh dan terorganisir, tidak hanya berfokus pada kebiasaan membaca, tetapi juga memperhatikan faktor seperti infrastruktur, faktor internal siswa dan guru, serta evaluasi program yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan gerakan literasi di sekolah serta upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkannya. Metode yang digunakan adalah pendekatan pengabdian yang dilakukan dalam rangka memberikan pengetahuan kepada guru di SD Negeri Pao Pao, Kabupaten Gowa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa infrastruktur literasi yang memadai, seperti perpustakaan yang lengkap dan sudut baca yang menarik, sangat berpengaruh terhadap minat baca siswa. Selain itu, kompetensi guru dalam mengajarkan literasi dan motivasi siswa juga merupakan faktor penting yang mendukung keberhasilan gerakan literasi. Evaluasi program secara berkala diperlukan untuk meningkatkan efektivitas dan menyesuaikan strategi literasi di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pjcs

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Library & Information Science Other

Description

Pinisi Journal of Community Service dengan ISSN: 3047-8553 (Online) merupakan Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar menerima artikel hasil pengabdian kepada masyarakat (Multidisiplin) ...