SIWABARA adalah aplikasi pembelajaran untuk kelas IV SD yang membantu siswa memahami sifat wajib bagi nabi dan rasul serta cara menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil observasi menunjukkan hanya 5 dari 30 siswa yang dapat berpartisipasi karena mereka memiliki gadget pribadi. Terlepas dari hambatan tersebut, hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sangat antusias dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi untuk mencoba aplikasi SIWABARA. Hasil uji coba menunjukkan aplikasi berjalan dengan baik. Selain itu, siswa dapat memahami materi dengan lebih mudah dan merasa senang karena aplikasi ini dilengkapi dengan gambar menarik yang memikat perhatian mereka. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa SIWABARA adalah aplikasi yang direkomendasikan sebagai media belajar karena tidak hanya menyajikan materi dengan menarik, tetapi juga dilengkapi dengan musik latar yang membuat pengalaman belajar lebih menyenangkan. Aplikasi ini berpotensi besar dalam meningkatan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran, terutama dalam konteks pendidikan agama Islam. Penelitian ini menekankan pentingnya pengintegrasian teknologi dalam pendidikan untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dan menyenangkan bagi siswa SD. Dengan demikian, SIWABARA dapat menjadi alat bantu yang signifikan dalam proses pembelajaran modern. Penelitian ini menggunakan model penelitian Design and Development (D&D) untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran interaktif bernama SIWABARA bagi siswa kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pembelajaran yang didapat selama perkuliahan berlangsung melalui pengembangan media pembelajaran serta berkontribusi membantu siswa Sekolah Dasar (SD) memahami materi pembelajaran secara interaktif dan modern.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025