YUME : Journal of Management
Vol 7, No 2 (2024)

Efektivitas Sertifikasi Halal dalam Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Sukardi, Sukardi (Unknown)
Amiah, Rusnathul (Unknown)
Elviani, Andi (Unknown)
Anwar, Desy Rahmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2024

Abstract

Kepercayaan konsumen terhadap produk halal merupakan elemen penting dalam mendukung pertumbuhan industri halal global. Sertifikasi halal diakui sebagai alat utama untuk memastikan kepatuhan produk terhadap standar syariah dan meningkatkan keyakinan konsumen. Studi ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas sertifikasi halal dalam membangun kepercayaan konsumen, dengan pendekatan teori hijau (green theory) sebagai kerangka konseptual. Penelitian ini menggabungkan data primer dan sekunder, menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif untuk menggambarkan hubungan antara sertifikasi halal dan kepercayaan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sertifikasi halal berkontribusi signifikan dalam meningkatkan kepercayaan konsumen melalui faktor transparansi, keberlanjutan, dan kepatuhan terhadap prinsip syariah.Kata Kunci: Sertifikasi halal, kepercayaan konsume, industri halal

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

yume

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Health Professions Social Sciences

Description

YUME : Journal of Management menerbitkan naskah artikel 3 kali dalam setahun (April, Agustus dan Desember), berisikan artikel dalam bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Sratejik, Perilaku Organisasi, Corporate Governance, ...