Buletin Literasi Budaya Sekolah
Vol. 6, No. 2, Desember 2024

PERAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING DALAM MENGINTERVENSI KEMATANGAN KARIER SISWA

Widhiastuti, Ratieh (Unknown)
Nariska, Setia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi siswa dan dukungan sosial terhadap kematangan karier dengan psychological well-being sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan kepada 215 siswa kelas XII Jurusan Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL) di SMK Negeri Kota Semarang. Data penelitian merupakan data primer yang diperoleh dengan membagikan kuesioner kepada seluruh responden penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis jalur. Secara umum kondisi kematangan karier, kompetensi, dukungan sosial dan psychological well-being responden dalam kategori tinggi. Hasil pengujian langsung menunjukkan kematangan karier siswa SMK Kelas XII dipengaruhi oleh kompetensi dan psychological well-being yang dimiliki siswa. Sedangkan dukungan sosial dari orang-orang terdekat tidak cukup mampu meningkatkan kamatangan karier siswa. Meskipun demikian, kompetensi siswa dan dukungan sosial berpengaruh tidak langsung terhadap kematangan karier dengan dimediasi psychological well-being. Implikasi dari penelitian ini, diharapkan ada bimbingan psikologis yang baik dari pihak sekolah untuk mempersiapkan siswa dalam menentukan pilihan masa depan setelah lulus sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

blbs

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Buletin Literasi Budaya Sekolah focuses on publishing papers about school cultures applied in primary and secondary schools. The culture referred to is not culture in a narrow sense such as traditional ceremonies, but culture in a broad context such as culture at work, teacher interactions, student ...