Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan budaya literasi pada MTs Negeri Surakarta 1 melalui kegiatan lomba puisi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menganalisis lomba membaca puisi di MTs Negeri Surakarta 1. Data dikumpulkan melalui observasi intonasi, ekspresi, dan artikulasi peserta, menggunakan teknik simak dan catat. Kesimpulan dari kegiatan lomba puisi di MTs Negeri Surakarta 1 menunjukkan bahwa lomba ini berhasil menarik minat baca siswa, dengan 33 peserta yang terdaftar dan sepuluh peserta terbaik meraih nilai di atas 70 dari skala maksimal 100. Selain itu, hasil pelaksanaan lomba puisi menunjukkan dampak positif yang signifikan terhadap perkembangan budaya literasi siswa, dengan peningkatan minat baca, pemahaman sastra, kreativitas menulis, partisipasi aktif dalam diskusi sastra, dan kepercayaan diri saat berbicara di depan umum, serta memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan imajinasi dan terlibat dalam proses kreatif, yang terlihat dari penampilan dan pembacaan puisi yang indah dan artistik dalam dokumentasi kegiatan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024