cover
Contact Name
Miftahul Huda
Contact Email
mh130@ums.ac.id
Phone
+6285642388900
Journal Mail Official
mh130@ums.ac.id
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta Jl. Ahmad Yani, Pabelan, Kartasura, Surakarta 57162, Jawa Tengah, Indonesia
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran
ISSN : -     EISSN : 27213404     DOI : https://doi.org/10.23917/bppp
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran adalah buletin yang mempublikasikan kegiatan pengembangan dan implementasi inovasi kegiatan pembelajaran di sekolah. Buletin ini menfasilitasi luaran Program Pengenalan Lapangan Persekolahan – pengembangan perangkat pembelajaran dan asisten guru yang diterbitkan oleh PLP FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Lingkup kajian Buletin ini adalah kegiatan pengenalan lapangan persekolahan yang berupa: (a) penyusunan perangkat pembelajaran, (b) pengembangan perangkat pembelajaran, (c) Implementasi perangkat pembelajaran, (d) inovasi pembelajaran, (e) pengenalan model-model pembelajaran, (f) asistensi guru mengajar, (g) praktek pengalaman mengajar, dan (h) pemberdayaan pembelajaran yang lainnya dalam konteks pembelajaran di era komputasi global. Program PLP II ini dalam era disrupsi pendidikan ini menjadi sangat berperan karena hakikatnya yang bertujuan untuk: (a) menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru, (b) menelaah strategi pembelajaran yang digunakan guru, (c) menelaah sistem evaluasi yang digunakan guru, (d) membantu guru dalam mengembangkan RPP, media pembelajaran, bahan ajar, dan perangkat evaluasi, (e) menelaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, (f) latihan mengajar dengan bimbingan guru pamong dan dosen pembimbing PLP II, dengan tujuan mengalami langsung proses pembelajaran, serta pemantapan jati diri calon pendidik; (g) melaksanakan tugas-tugas pendampingan peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler; dan (h) membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan administasi guru. Buletin ini terbit dua kali dalam setahun. Periode Juli dan Desember. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran mengundang penulis, pelaksana, dan/atau inisiator pembelajaran untuk berkontribusi pada buletin ini sebagai sumbangan berbagi pengalaman pengembangan pembelajaran untuk memajukan pendidikan dalam konteks perubahan pendidikan.
Articles 23 Documents
Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa dalam Pemilihan Perguruan Tinggi Kedinasan (Studi Kasus pada Politeknik Penerbangan Jayapura) Ukkasyah Sabbit Aqdamana Lubis
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol. 5 No. 2 (2023): Vol 5, No.2, Desember 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v5i2.3214

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan di Politeknik Penerbangan Jayapura sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi. Terdapat 22 variabel yang diduga berpengaruh terhadap minat mahasiswa. Keseluruhan data yang diperlukan tersebut merupakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner dengan responden yaitu mahasiswa Politeknik Penerbangan Jayapura. Dikarenakan banyaknya variabel penelitian, dilakukan reduksi menggunakan Principal Component Analysis yang dilanjutkan dengan Regresi Logistik Ordinal untuk mengetahui keberpengaruhan faktor yang terbentuk terhadap minat mahasiswa melanjutkan studi di Politeknik Penerbangan Jayapura. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan kesimpulan bahwa terdapat lima faktor terbentuk dengan total variance explained sebesar 66,684% yang diberi nama kesempatan dalam pekerjaan, kualitas dan karakteristik perguruan tinggi, faktor sosial, kualitas dan karakteristik program studi, dan fasilitas kerja sama mitra pada program. Secara simultan dan parsial, keseluruhan faktor tersebut berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan di Politeknik Penerbangan Jayapura.
Pengaruh Kualitas Pembelajaran terhadap Capaian Akademik Mahasiswa Perguruan Tinggi Kedinasan Pipa Biringkanae; Rifqi Raza Bunahri; Musri Kona; Dhian Supardam; Hadi Prayitno
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol. 5 No. 2 (2023): Vol 5, No.2, Desember 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v5i2.3216

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenjang pendidikan dosen, keterampilan dosen, kualitas materi, kualitas media, dan metode pembelajaran terhadap capaian akademik mahasiswa perguruan tinggi kedinasan dengan studi kasus di Politeknik Penerbangan Jayapura agar dapat dijadikan bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dalam hal ini, capaian akademik dapat dinilai melalui Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Keseluruhan data yang diperlukan tersebut merupakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner dengan responden yaitu mahasiswa Politeknik Penerbangan Jayapura. Data yang didapatkan kemudian dianalisis menggunakan analisis Regresi Dummy. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan kesimpulan bahwa secara simultan, jenjang pendidikan dosen, keterampilan dosen, kualitas materi, kualitas media, dan metode pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap capaian akademik atau IPK sebesar 80,5%, sedangkan 19,5% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Sementara itu, hasil uji individua tau parsial menyatakan bahwa jenjang pendidikan dosen, kualitas materi, kualitas media berpengaruh negatif dan signifikan terhadap capaian akademik. Variabel keterampilan dosen berpengaruh positif dan signifikan terhadap capaian akademik. Sementara itu, metode pembelajaran tidak berpengaruh signifikan terhadap capaian akademik mahasiswa Politeknik Penerbangan Jayapura.
Prototype Traffic Light Menggunakan Sistem Kontrol Jarak Jauh Berbasis Internet of Things Sebagai Media Pembelajaran Inovatif Musri Kona; Bunahri, Rifqi Raza; Dhian Supardam; Hadi Prayitno; Andi Muhammad Afrilianto Asning; Yehezkiel Laodjaya Sangrapu; Niken Stephanie Tarrua Kabanga; Puput Amarta Lestari
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol. 5 No. 2 (2023): Vol 5, No.2, Desember 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v5i2.3317

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sebuah media pembelajaran untuk Program Studi Teknik Listrik Politeknik Penerbangan Jayapura yang dapat digunakan mahasiswa dalam pembelajaran berdasarkan keadaan aslinya. Metode yang dipakai yaitu research and development melalui identifikasi kebutuhan, perancangan prototype, implementasi, hingga evaluasi. Tahap pengujian dilakukan uji fungsional yaitu dengan menguji software dan hardware sesuai dengan prinsip kerjanya, setelah itu dilakukan uji efektivitas pada 3 responden ahli menggunakan instrument kuesioner. Hasil dari penelitian ini prototype traffic light yang menggunakan sistem manual dan kontrol dengan internet of things berjalan dengan baik serta mendapatkan efektivitas sebesar 87% atau sangat efektif sehingga media ini dapat digunakan pada mahasiswa untuk melakukan praktik dalam pembelajaran serta berimplikasi pada potensi peningkatan pengetahuan mahasiswa dengan memperkenalkan pada teknologi terkini yang relevan dengan kebutuhan industri.
Efektivitas Penggunaan Media ScrapBook pada Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Pramesti, Impala Agus; Dita Eka Wardani; Ida Aulia Sekarwati; Yunus Sulistyono
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol. 6 No. 1 (2024): Vol 6, No. 1, Juli 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v6i1.6709

Abstract

Penggunaan media pembelajaran Scrapbook dalam mata pelajaran bahasa Indonesia, khususnya pada materi menulis teks laporan hasil observasi di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Scrapbook dianggap sebagai alternatif yang efektif untuk melatih keterampilan menulis siswa dalam bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana media Scrapbook dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menggali bagaimana media Scrapbook mempengaruhi kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Scrapbook terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis bahasa Indonesia. Penilaian menunjukkan adanya kemajuan pengetahuan siswa seiring dengan metode yang diterapkan selama proses pembelajaran. Secara keseluruhan, media Scrapbook memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa, serta meningkatkan kemampuan menulis mereka. Abstract The use of Scrapbook learning media in Indonesian language subjects, especially in the material of writing observation report texts at SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, is expected to improve students' creativity and learning outcomes. Scrapbook is considered an effective alternative to train students' writing skills in Indonesian. This study aims to evaluate the extent to which Scrapbook media can improve the writing skills of grade X students at the school. This study uses a descriptive qualitative approach to explore how Scrapbook media affects students' ability to write observation report texts. The results showed that Scrapbook was effective in improving Indonesian writing skills. The assessment showed progress in students' knowledge along with the methods applied during the learning process. Overall, Scrapbook media has a positive impact on students' learning outcomes, as well as improving their writing skills.
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites pada Materi Teks Argumentasi Kelas 11 di SMK Batik 1 Surakarta Ariyanto, Zahy Riswahyudha; Prakoso, Gilang Bakti; Assidik, Gallant Karunia
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol. 6 No. 2 (2024): Vol 6, No. 2, Desember 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v6i2.6800

Abstract

Urgensi penelitian ini adalah mengeksplorasi efektivitas media pembelajaran berbasis Google Sites. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Google Sites sebagai media pembelajaran integratif teks argumentasi kelas XI SMK Batik 1 Surakarta. Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TKJ 3. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas data dilakukan melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu untuk memastikan validitas dan reliabilitas temuan. Hasil penelitian adalah: (1) Desain media pembelajaran teks argumentasi Berbasis Google Sites; (2) Aktivitas pembelajaran teks argumentasi kelas 11 berbasis Google Sites; (3) Efektivitas media Google Sites berdasarkan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dengan nilai 93. Kesimpulannya, Google Sites berperan sebagai media pembelajaran yang integratif dan inovatif, memberikan dampak positif terhadap proses dan hasil pembelajaran teks argumentasi di kelas XI TKJ SMK Batik 1 Surakarta.
Kesalahan Berbahasa Pada Tataran Morfologi Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X TKJ SMK Batik 1 Surakarta Zakiyyah, Nadia; Hafisyah, Nabila Nidia; Dwikysan Retika, Nadhiya; Karunia Assidik, Gallant
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol. 6 No. 1 (2024): Vol 6, No. 1, Juli 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v6i1.6989

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan berbahasa pada teks laporan hasil observasi siswa kelas X TKJ SMK Batik 1 Surakarta pada tataran morfologi. Data dalam penelitian ini berwujud kesalahan pada tataran morfologi yang berwujud kata, kelompok kata, dan kalimat. Sumber data ini berasal dari peserta didik kelas X TKJ. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak dan catat. Langkah penelitian adalah identifikasi, kategorisasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang ditemukan dalam karangan teks laporan hasil observasi siswa kelas X TKJ SMK Batik 1 Surakarta adalah 27 kesalahan pada tataran morfologi. Kesalahan tersebut terdapat pada 11 kesalahan prefiks, 6 kesalahan sufiks, 1 kesalahan infiks, 2 kesalahan konfiks, 5 kesalahan reduplikasi, dan 2 kesalahan komposisi (pemajemukan).
Penumbuhan Budaya Literasi Melalui Kegiatan Lomba Puisi dengan Judul Menatap Merah Putih Karya Sapardi Djoko Damono di MTs Negeri Surakarta 1 Jelitasani, Ardina Rosanatan; Fauzi, Aslam; Purnama Asri, Rossy; Assidik, Gallant Karunia
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol. 6 No. 2 (2024): Vol 6, No. 2, Desember 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v6i2.7009

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan budaya literasi pada MTs Negeri Surakarta 1 melalui kegiatan lomba puisi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menganalisis lomba membaca puisi di MTs Negeri Surakarta 1. Data dikumpulkan melalui observasi intonasi, ekspresi, dan artikulasi peserta, menggunakan teknik simak dan catat. Kesimpulan dari kegiatan lomba puisi di MTs Negeri Surakarta 1 menunjukkan bahwa lomba ini berhasil menarik minat baca siswa, dengan 33 peserta yang terdaftar dan sepuluh peserta terbaik meraih nilai di atas 70 dari skala maksimal 100. Selain itu, hasil pelaksanaan lomba puisi menunjukkan dampak positif yang signifikan terhadap perkembangan budaya literasi siswa, dengan peningkatan minat baca, pemahaman sastra, kreativitas menulis, partisipasi aktif dalam diskusi sastra, dan kepercayaan diri saat berbicara di depan umum, serta memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan imajinasi dan terlibat dalam proses kreatif, yang terlihat dari penampilan dan pembacaan puisi yang indah dan artistik dalam dokumentasi kegiatan.
Pemanfaatan Kecerdasan Buatan Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Mahasiswa Semester 3 FKIP UNSIKA Laily Fitria; Rizky Amelia; Alya Safitri Astsaniah; Aulia Sapya; Muhammad Wildan Taftazani; Tata NurLaeily; Bahar Amal
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol. 6 No. 2 (2024): Vol 6, No. 2, Desember 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v6i2.7085

Abstract

This study aims to understand student opinions on the role of Artificial Intelligence (AI) in enhancing creativity and literacy in Indonesian language learning. This study involved 25 3rd semester students from the Faculty of Teacher Training and Education, Singaperbangsa University of Karawang, who provided their opinions through a questionnaire. This research method combines quantitative and qualitative approaches, so as to provide a broader and clearer picture. The results describe that most students support the use of AI in learning, especially to enrich vocabulary, stylistic variations, synonyms, and grammar. However, some students were concerned that excessive use of AI could reduce creativity, critical thingking skills and literacy. This research is expected to be a reference for educators in utilizing AI wisely, so that it can provide full benefits without eliminating the important role of lecturers in the teaching and learning process.
Penerapan Model Mind Mapping Teks Laporan Hasil Observasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Permata, Vira Sukma; Ivana, Tata Setya; Afifah Nur Laila; Assidik, Gallant Karunia
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol. 6 No. 1 (2024): Vol 6, No. 1, Juli 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v6i1.7126

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penerapan model mind mapping teks laporan hasil observasi siswa kelas X1 SMA Batik 2 Surakarta. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Tindakan kelas dalam dua siklus. Instrument yang digunakan ini lembar observasi dan penilaian tugas mind mapping menulis laporan teks hasil observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 SMA Batik 2 Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa setelah diberikan perlakuan dengan model mind mapping. Hal ini menunjukkan bahwa model mind mapping dapat menjadi strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa. Adapun hasil menunjukkan rata-rata pada siklus I menulis ejaan sebesar 62,0 meningkat menjadi 70,00 pada siklus II, pada siklus I penggunaan aspek kebahasaan sebesar 68,33 dan meningkat menjadi 81,67 pada siklus II, dan pada siklus I menulis keefektifan kalimat meningkat dari 75,00 menjadi 81,67 dengan kategori baik. Peningkatan yang paling signifikan adalah penggunaan unsur kebahasaan yaitu sebesar 19,5%.
Peningkatkan Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Melalui Kesenian Tari Pada Siswa kelas XII di SMKN 8 Surakarta Rismawati, Amanda Eka; Sheviana Kevin Mutiara Sari; Salis Nazla Asyifa; Gallant Karuna Assidik
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol. 6 No. 1 (2024): Vol 6, No. 1, Juli 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v6i1.7127

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengeksplorasi pengaruh penerapan kesenian tari dalam pembelajaran menulis teks deskripsi pada siswa kelas XII SMKN 8 Surakarta. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Tindakan kelas dalam dua siklus. Instrument yang digunakan ini merupakan penulisan teks deskriptif dan penilaian tugas menulis esai yang meliputi struktur teks deskripsi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Seni Tari SMKN 8 Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan menulis teks deskripsi melalui media kesenian tari. Hal ini menunjukkan bahwa kesenian tari dapat menjadi strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi, selain itu juga dapat meningkatkan keterampilan pengamatan dan kreativitas pada siswa. Adapun hasil menunjukkan rata-rata pada siklus I menulis ejaan sebesar 62,0 meningkat menjadi 70,00 pada siklus II, pada siklus I penggunaan aspek kebahasaan sebesar 68,33 dan meningkat menjadi 81,67 pada siklus II, dan pada siklus I menulis keefektifan kalimat meningkat dari 75,00 menjadi 81,67 dengan kategori baik.

Page 1 of 3 | Total Record : 23