Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penerapan model mind mapping teks laporan hasil observasi siswa kelas X1 SMA Batik 2 Surakarta. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Tindakan kelas dalam dua siklus. Instrument yang digunakan ini lembar observasi dan penilaian tugas mind mapping menulis laporan teks hasil observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 SMA Batik 2 Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa setelah diberikan perlakuan dengan model mind mapping. Hal ini menunjukkan bahwa model mind mapping dapat menjadi strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa. Adapun hasil menunjukkan rata-rata pada siklus I menulis ejaan sebesar 62,0 meningkat menjadi 70,00 pada siklus II, pada siklus I penggunaan aspek kebahasaan sebesar 68,33 dan meningkat menjadi 81,67 pada siklus II, dan pada siklus I menulis keefektifan kalimat meningkat dari 75,00 menjadi 81,67 dengan kategori baik. Peningkatan yang paling signifikan adalah penggunaan unsur kebahasaan yaitu sebesar 19,5%.
Copyrights © 2024