Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Vol. 6 No. 1 (2024): Vol 6, No. 1, Juli 2024

Peningkatkan Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Melalui Kesenian Tari Pada Siswa kelas XII di SMKN 8 Surakarta

Rismawati, Amanda Eka (Unknown)
Sheviana Kevin Mutiara Sari (Unknown)
Salis Nazla Asyifa (Unknown)
Gallant Karuna Assidik (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengeksplorasi pengaruh penerapan kesenian tari dalam pembelajaran menulis teks deskripsi pada siswa kelas XII SMKN 8 Surakarta. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Tindakan kelas dalam dua siklus. Instrument yang digunakan ini merupakan penulisan teks deskriptif dan penilaian tugas menulis esai yang meliputi struktur teks deskripsi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Seni Tari SMKN 8 Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan menulis teks deskripsi melalui media kesenian tari. Hal ini menunjukkan bahwa kesenian tari dapat menjadi strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi, selain itu juga dapat meningkatkan keterampilan pengamatan dan kreativitas pada siswa. Adapun hasil menunjukkan rata-rata pada siklus I menulis ejaan sebesar 62,0 meningkat menjadi 70,00 pada siklus II, pada siklus I penggunaan aspek kebahasaan sebesar 68,33 dan meningkat menjadi 81,67 pada siklus II, dan pada siklus I menulis keefektifan kalimat meningkat dari 75,00 menjadi 81,67 dengan kategori baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bppp

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran adalah buletin yang mempublikasikan kegiatan pengembangan dan implementasi inovasi kegiatan pembelajaran di sekolah. Buletin ini menfasilitasi luaran Program Pengenalan Lapangan Persekolahan – pengembangan perangkat pembelajaran dan asisten guru yang ...