Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemanfaatan media game edukasi dalam pembelajaran bahasa Inggris. Perkembangan zaman pada saat ini membawa pada sebuah perubahan yang mengharuskan pembelajaran lebih bervariatif agar dapat memotivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris dalam meningkatkan kualitas hidupnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur review non sistematik yang dimana berdasarkan pada sumber-sumber relevan dari topik terkait. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat banyak game edukasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi pembelajaran terutama dalam penggunaan media teknologi seperti ponsel yang memberikan efek signifikan. Adapun sebuah hal yang perlu diperhatikan dimana dalam pembuatan media game edukasi harus disesuaikan dengan kemampuan serta pemahaman siswa dan juga materi pembelajaran agar nantinya dapat berjalan dengan maksimal dalam kegiatan belajar mengajar. Banyak sekali keunggulan yang didapatkan dengan menggunakan media game edukasi dalam pembelajaran bahasa Inggris dimana dengan menggunakan media ini mampu meningkatkan pemahaman siswa dan dapat menumbuhkan rasa interaksi sosial siswa karena seluruh siswa berperan aktif di setiap pelaksanaan game edukasi
Copyrights © 2024