Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis unsur-unsur etnomatematika yang terdapat pada objek budaya Menara Kudus yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika, khususnya etnomatematika. Etnomatematika berperan dalam menjembatani kesenjangan antara budaya dan pembelajaran matematika. Etnomatematika adalah ilmu yang menghubungkan budaya lokal dengan konsep-konsep matematika. Menara Kudus merupakan situs budaya yang terletak di Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah, dan merupakan bangunan bersejarah yang memiliki nilai arsitektur yang unik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, triangulasi, representasi data, dan inferensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Menara Kudus mengandung berbagai konsep matematika seperti bangun datar, bangun ruang, sudut, hubungan dua garis, kesebangunan, dan refleksi yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika kontekstual berbasis budaya lokal.
Copyrights © 2023