Pembelajaran kimia di MAN 1 Kudus masih dominan menggunakan metode ceramah dengan penekanan pada aspek kognitif, sehingga peserta didik takut melakukan praktikum dan kurang mengembangkan keterampilan hidup. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji kelayakan bahan ajar kimia berbasis proyek yang berorientasi pada wirausaha dengan pendekatan Green Chemistry, serta mengukur peningkatan hasil belajar dan motivasi kewirausahaan peserta didik. Menggunakan model 4D dari Thiagarajan, hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sangat valid dengan skor rata-rata 89,8%. Hasil belajar peserta didik meningkat signifikan dengan thitung 22,18 > ttabel 1,99 dan N-gain sebesar 0,74. Motivasi kewirausahaan peserta didik juga meningkat dari 64,5 pada siklus awal menjadi 86,36 pada siklus akhir. Bahan ajar ini dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar.
Copyrights © 2025