JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 13 No 1 (2025): Vol 13 No 1 Januari 2025

PENGGUNAAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PELAJARAN IPA

Ghifari, Yudis (Unknown)
Rienovita, Ellina (Unknown)
Amelia, Della (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Augmented Reality (AR) guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, khususnya pada aspek analisis dan inferensi, dalam pembelajaran IPA (Sains) kelas VIII. Metode kuasi eksperimen one group pretest-posttest desain digunakan dalam penelitian ini, dengan teknik purposive sampling hanya satu kelas saja sampelnya berjumlah 30 siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa AR efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kedua aspek yang diuji, yaitu analisis dan inferensi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan gain sebesar 13,17 untuk aspek analisis dan 6,46 untuk aspek inferensi.Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih bagi penelitian setelah ini, khususnya dalam pemanfaatan AR dalam pembelajaran. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan dapat mendorong pengembangan bahan ajar berbasis AR yang lebih menarik dan interaktif untuk mendukung proses belajar mengajar yang lebih efektif dan bermakna bagi peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...