JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 13 No 1 (2025): Vol 13 No 1 Januari 2025

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MARSIADAPARI (MPM-24) TERHADAP TOEFL PREPARATION)

yana, Aprida Irma (Unknown)
Lubis, Lolo Rosa (Unknown)
Nurbaidah, Nina (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2025

Abstract

Rendahnya skor TOEFL di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS) merupakan latar belakang penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan investigasi model pembelajaran marsiadapari (MPM_24) terhadap TOEFL Preparation. Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan menerapkan kuasi ekeperimental (one group pretest post test) . Sample dalam penelitian ini terdiri dari 30 mahasiswa yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan test yang terdiri dari 3 sesi, yaitu Listening Comprehension, Structure and Written Expresion, and reading Comprehension, Hasil penelitian menunjukkakan terdapat efek yang signifikan antara penerapan model pembelajaran marsiadapari (MPM-24) terhadap TOEFL Preparation. Berdasarkan formula N-Gain diperoleh sebanyak 46.7% dari mahasiswa mendapatkan efek dengan kategori sedang dan sebanyak 53.3.7% dari mahasiswa mendapatkan kategori rendah. Selanjutnya rata-rata N-gain adalah 0.304 bila dikategorikan berada pada kategori sedang. Artinya model pembelajaran marsiadapari (MPM-24) memberikan efek yang signifikan terhadap TOEFL Preparation dengan kategori sedang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...