JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 13 No 1 (2025): Vol 13 No 1 Januari 2025

UPAYA GURU MENGATASI PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 200103 PADANGSIDIMPUAN

Ilahi, Afdhal (Unknown)
Nurbaiti, Nurbaiti (Unknown)
Zulfadli, Zulfadli (Unknown)
Marhamah, Aisyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk, dampak dan upaya guru kelas terhadap perilaku bullying pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 200103 Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah upaya guru mengatasi perilaku bullying pada siswa kelas IV di SD Negeri 200103 Padangsidimpuan. Subjek dalam penelitian ini adalah wali kelas IV dan siswa kelas IV. Alat pengumpul data menggunakan wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bentuk bullying yang terjadi adalah bullying non fisik. Dampak dari bullying adalah anak akan menjalani masa kecil dengan penuh ketakutan dan tekanan. Upaya guru dalam menangani bullying adalah dengan memberikan hukuman kepada pelaku bullying, memberikan himbauan kepada siswa untuk tidak melakukan bullying, dan memberikan layanan Bimbingan dan Konseling (BK) kepada siswa korban bullying dan pelaku bullying.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...