Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran concept sentence terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Marancar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah menggunakan metode eksperimen, dimana metode eksperimen merupakan metode yang digunakan oleh peneliti untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap dampaknya. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) nilai rata-rata model pembelajaran concept Sentence 3,6 (kategori sangat baik), 2) nilai rata-rata keterampilan menulis puisi pada siswa sebelum menggunakan model pembelajaran concept sentence adalah 63,8 (kategori cukup), dan rata-rata keterampilan menulis puisi pada siswa sesudah mrnggunakan model pembelajaran concept sentence adalah 80 (kategori sangat baik), dan 3) menenntukan nilai T-tabel, dk = N – 1 = 18 – 1 = 17. T-tabel = 1.73961, maka diperoleh nilai T-hitung > T-tabel yaitu 18,651731964169 (1.73961 >18,651731964169). Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran concept sentence terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Marancar.
Copyrights © 2025