Perlunya strategi untuk menyiapkan guru dalam peningkatan kompetensi profesional untuk menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan dan bermakna. Salah satu solusi dengan menyiapkan guru yang mampu mengimplementasikan Learning Through Play dalam pembelajaran melalui kegiatan pelatihan/ pendampingan khususnya di wilayah Pekalongan Jawa Tengah. Hal ini dikarenakan masing belum banyak bentuk pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran abad 21. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam penerapan Learning Through Play pada proses pembelajaran di Sekolah Dasar. Peserta berasal dari guru-guru yang ada di wilayah Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah, dan diadakan pada Senin 5 Agustus 2024. Kegiatan dilakukan dengan metode berupa workshop, diawali dengan pemberian materi yang disampaikan oleh pemateri melalui ceramah dan tanya jawab, dilanjutkan dengan diskusi, serta pemberian tugas kelompok untuk mempraktekkan Learning Through Play. Hasil yang didapat selama pelatihan menggambarkan minimnya kemampuan guru dalam hal Learning Through Play. Setelah mendapatkan pendampingan, para guru memiliki pengetahuan dan pemahaman secara konsep dan teori, dan mampu mengimplementasikan Learning Through Play dalam pembelajaran, sehingga mampu mengembagkan potensi siswa secara utuh.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024