Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berperan besar dalam menopang stabilitas perekonomian daerah dan nasional. Jumlah UMKM di Indonesia sangat besar, yaitu lebih dari 64 juta pada 2021. Peran besar tersebut harus terus dijaga oleh berbagai pihak agar kinerja UMKM berkelanjutan. Namun, sejauh ini pengelolaan UMKM masih kurang dalam menerapkan strategi pemasaran dan masih menggunakan pendekatan konvensional. Program pengabdian kepada masyarakat ini berupa sosialiasi strategi pengembangan UMKM di Kelurahan Temas Kota Batu dengan pendekatan bauran pemasaran 7P (product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process). Program ini ditujukan kepada 21 UMKM yang bergerak pada sector kuliner, retail, dan jasa. Secara umum, pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode yang diterapkan dalam kegiatan sosialisasi strategi pemasaran 7P ini adalah ceramah dan tanya jawab. Selama kegiatan berlangsung, nampak bahwa para peserta belum cukup banyak menerapkan strategi bauran pemasaran 7P, padahal strategi tersebut merupakan upaya mendasar untuk mengembangkan usaha. Setelah mengikuti kegiatan ini, para peserta mengaku memperoleh pengetahuan baru untuk mengembangkan usaha dan berkomitmen untuk menerapkannya.
Copyrights © 2024