Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah membekali siswa agar dapat memecahkan masalah. Namun, hasil observasi menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih belum maksimal atau tergolong rendah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pembelajaran berbasis STEM dalam melatih kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII pada materi statistika. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas VIII F MTs Negeri 2 Kota Semarang yang berjumlah 34 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, tiga jenis lembar kerja siswa, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis STEM pada materi statistika dilaksanakan melalui tahap ask, imagine, plan, create, dan improve dengan mengintegrasikan setiap aspek science, technology, engineering dan mathematics ke dalam proses pembelajaran. Siswa disajikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari atau dunia nyata yang relevan kemudian melalui tahap ask siswa mengidentifikasi masalah. Tahap imagine siswa memikirkan solusi yang terbaik untuk menyelesaikan masalah berdasarkan konsep dan pada tahap plan siswa membuat rancangan penyelesaian agar solusi yang dipilih dapat digunakan. Pada tahap create siswa melaksanakan penyelesaian masalah berdasarkan rancangan yang dibuat dan di tahap akhir yaitu improve siswa membuat kesimpulan atas hasil yang diperoleh. Kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 80,86% yang dikategorikan baik.
Copyrights © 2024