Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika peserta didik Kelas VII di SMP IT Al-Asror Sumbersari. Penelitian ini dilakukan di SMP IT Al-Asror Sumbersari. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, khususnya pre eksperimen (non desain) menggunakan desain pre test dan post test one group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII yang berjumlah 32 peserta didik, Dalam penelitian ini, teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan teknik yang diambil yaitu sampling jenuh. Hasil pre testt menunjukkan nilai rata-rata sebesar 39.30, sedangkan posttest memperoleh nilai rata-rata sebesar 75.16. Terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre testt dan posttest, yang juga didukung oleh uji t dengan t_hitung sebesar 18.56 dan t_tabelsebesar 2.04. Berdasarkan analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika kelas VII SMP IT Al-Asror Sumbersari.
Copyrights © 2024