Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan. Dimana dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahu mengetahui penerapan Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) dalam pendidikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian kepustakaan ini adalah dengan metode dokumentasi, yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, buku, makalah atau artikel. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu Metode analisis isi (content analysis) dimana dalam analisis isi peneliti akan melakukan proses memilih, membandingkan, menggabungkan, memilah berbagai pengertian, hingga ditemukan yang relevan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa konseling rational emotive behaviour melalui teknik pencitraan atau imagery dapat meningkatkan resiliensi mahasiswa berstatus sosial-ekonomi lemah.Penelitian ini dapat dijadikan rujukan bagi Unit Pelaksana Pelayananan Bimbingan dan Konseling di perguruan tinggi, dosen, dan konselor di perguruan tinggi untuk meningkatkan resiliensi mahasiswa yang berstatus sosial ekonomi lemah.
Copyrights © 2021