JUBIKOPS
Vol 4 No 1 (2024): Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi (JUBIKOPS)

ANALISIS METODE PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BACA TULIS AL-QURAN SISWA SDI PESANGGRAHAN SEMARANG TIMUR

Putro Dwi Anggoro (Universitas PGRI Semarang)
Moh. Aniq Khairul Basyar (Universitas PGRI Semarang)
Rahmat Rais (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pembelajaran baca tulis Al-Quran yang dilakukan oleh SD Islam Pesanggrahan pada peserta didik kelas V. karena untuk meningkatkan motivasi belajar diperlukan pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan bagi peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengambil data sesuai yang terjadi di lapangan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan pedoman observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dari hasil penelitian ini adalah SD Islam Pesanggrahan menggunakan metode qiroati. Selain itu, juga menggunakan metode klasikal dan individual. Dari penerapan metode tersebut diketahui bahwa peserta didik yang mempunyai motivasi belajar yang sangat tinggi ada sebanyak 19 peserta didik (85%) dari jumalah kelas V ada 22 peserta didik. Penerapan metode qiroati dalam pembelajaran baca tulis Al-Quran pada kelas V di SD Islam Pesanggrahan dapat dikatakan berhasil dikarenakan motivasi belajar peserta didik tersebut mencapai kategori yang sangat tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jubikops

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi yang disingkat dengan JUBIKOPS adalah jurnal publikasi ilmiah yang diterbitkan dua kali dalam setahun (Maret dan September) oleh Universitas Muhammadiyah Barru. Jurnal ini memuat artikel dari hasil penelitian atau ide kontekstual dalam bidang ilmu bimbingan ...