Sistem Informasi Geografis (SIG) cetak sawah adalah suatu sistem yang mengcapture, mengintegrasikan, memanipulasi, menganalisa, dan menampilkan data secara spasial (keruangan). GeoXML3 digunakan untuk memproses data KML menjadi polygon, polyline, dan marker koordinat sehingga dapat diproses melewati batas maksimum google maps javascript API dan algoritma Binary Search digunakan pada saat memvisualisasikan dilakukan pencarian terlebih dahulu terhadap layer apa saja yang sudah divisualisasikan tidak perlu divisualisasikan ulang setiap ada request layer sehingga dapat mengurangi perulangan pemrosesan. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan suatu sistem yang mengimplementasikan GeoXML3 dan algoritma Binary Search guna mengurangi perulangan pemrosesan, dapat memudahkan dalam penyeleksian layer, dan mengurangi resource komputer yang besar. Alat dalam perancangan penelitian ini adalah Data Flow Diagram, dengan pengujian menggunakan metode black box, pengujian komparatif dengan metode Mann Whitney U Test menguji jumlah placemark data dengan nilai U-value 4.5 dan uji waktu/kecepatan dengan nilai U-value 7.0, yang berarti setelah menerapkan Geoxml3 dan algoritma binary search terdapat perbedaan yang signifikan pada sistem. Pengujian kuesioner dengan 15 responden yang menghasilkan nilai index 97.33% menggunakan perhitungan skala likert yang berarti responden “SANGAT SETUJU” terhadap penerapan sistem GeoXML3 dan algoritma binary search pada SIG cetak sawah di Provinsi Kalimantan Barat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022