cover
Contact Name
Tursina
Contact Email
juara@untan.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
juara@untan.ac.id
Editorial Address
Gedung Informatika Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura Jl. Prof. Dr. Hadary Nawawi Pontianak 78124
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Aplikasi dan Riset Informatika
ISSN : -     EISSN : 30263484     DOI : -
Core Subject : Science,
The scope of JUARA is, but is not limited to the following: theory and information science, information systems, information security, data processing and structure, programming and computing, software engineering, informatics, computer science, computer engineering, architecture and computer networks, robotics, parallel and distributed computing, operating systems, compilers and interpreters, games, numerical methods, mobile computing, natural language processing, data mining, cognitive systems, speech processing, machine learning, artificial intelligence, expert systems, geographical information systems, computational theory, and informatics applications in various fields.
Articles 59 Documents
Aplikasi CAI untuk Pembelajaran Logika Informatika Khulaqo Tafdila; Tursina Tursina; Hengky Anra
Jurnal Aplikasi dan Riset Informatika Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Jurnal Aplikasi dan Riset Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jari.v1i1.53236

Abstract

Logika Informatika atau yang juga dikenal dengan logika matematika merupakan dasar yang diperlukan untuk mempelajari hal-hal yang bersangkutan dengan ilmu komputer dan informasi. Jurusan Informatika Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura juga memiliki mata kuliah Logika Informatika sebagai salah satu mata kuliah wajib. Computer Assisted Instruction (CAI) adalah media bantu pembelajaran yang memanfaatkan komputer sebagai media pembelajaran, yang membuat mahasiswa dapat mempelajari materi lewat perangkat komputer. Dalam proses belajar-mengajar Logika Informatika di Jurusan Informatika Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura, penyampaian materi masih menggunakan metode konvensional. Penyampaian materi yang dilakukan oleh dosen masih menggunakan media buku panduan dan ceramah di depan kelas. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk menciptakan alternetif media yang dapat membantu dalam penyampaian materi logika informatika kepada orang-orang terutama mahasiswa yang akan mendalami jurusan informatika, dengan memanfaatkan konsep CAI dengan model tutorial. Pengujian aplikasi menggunakan metode pengujian alpha dan beta. Pengujian alpha dilakukan dengan metode pengujian black box, sedangkan pengujian beta dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada 30 orang mahasiswa semester III dan V Jurusan Informatika Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura yang sudah pernah mengambil mata kuliah Logika Informatika. Hasil yang didapat dari pengujian aplikasi menggunakan skala pengukuran Guttman ini mendapatkan nilai persentase rata-rata 88,7%, sehingga aplikasi CAI untuk pembelajaran Logika Informatika ini dirasa telah dapat untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran.
Aplikasi Teaching Factory (TEFA) Berbasis Website pada SUPM Pontianak Purnama, Isnendar; Nasution, Helfi; Safriadi, Novi
Jurnal Aplikasi dan Riset Informatika Vol 2, No 2 (2024)
Publisher : Jurnal Aplikasi dan Riset Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/juara.v2i2.77603

Abstract

Teaching factory (TEFA) SUPM Pontianak adalah metode pembelajaran yang inovatif yang melibatkan praktik produktif dalam kondisi yang sesungguhnya di dunia usaha/industri, dalam keahlian dan keterampilan dirancang dan diterapakn sesuai dengan prosedur dan standar bekerja untuk menghasilkan produk/jasa yang mempunyai standar mutu sesuai kebutuhan pasar/konsumen. Salah satu kendala yang dihadapi yaitu pelaksanaan kegiatan masih dilakukan secara konvensional sehingga pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan tidak optimal atas permasalahan tersebut maka dibuatlah suatu aplikasi teaching factory yang dapat monitoring dan menghasilkan sebuah laporan yang terstruktur sehingga pelaksanaan kegiatan berjalan dengan optimal. Penggunaan teknologi whatsapp gateway pada aplikasi teaching factory agar mempermudah dalam proses pendistribusian token kelompok yang dibagikan oleh ketua kelompok agar dapat terdaftar sebagai anggota kelompok tersebut. Metode pengembangan sistem yang diterapkan pada penelitian ini adalah prototyping model dengan perancangan sistem menggunakan pemodelan unified modelling language (UML). Untuk menguji keberhasilan dalam penelitian ini dilakukan pengujian black-box testing dan user acceptance test (UAT). Hasil pengujian black-box testing dan user acceptance test (UAT) yang dilakukan menunjukkan hasil positif bahwa proses yang ditampilkan telah sesuai harapan dan aplikasi dapat beroperasional dengan baik pada saat diuji dengan pengujian black-box testing dan didapat nilai dari pengujian user acceptance test (UAT) dari hasil kuesioner menggunakan google form dengan perhitungan skala likert kepada kedua pengguna yaitu Pengelola teaching factory (TEFA) nilai persentase 95,30% dengan hasil pengujian tersebut dapat dikatakan sangat setuju, dan siswa/siswi dengan nilai persentase 88,89% dengan hasil pengujian tersebut dapat dikatakan sangat setuju. Total responden yang mengisi kuesioner pengujian user acceptance test (UAT) berjumlah 32 responden. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang dibangun layak untuk diterapkan.
Sistem Informasi Inventory Property untuk Kamar di Hotel Dangau Berbasis Web Weike Alen Phinjaya; Eva Faja Ripanti; Morteza Muthahhari
Jurnal Aplikasi dan Riset Informatika Vol 1, No 2 (2023)
Publisher : Jurnal Aplikasi dan Riset Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jari.v2i1.53121

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini mempengaruhi hampir seluruh bidang pekerjaan. Bidang usaha perhotelan yang menawarkan jasa penginapan juga ikut dipengaruhi, salah satunya yakni Hotel Dangau. Untuk mencapai pelayanan yang optimal, khususnya dalam hal pelayanan jasa penginapan, maka pihak hotel harus mampu untuk memastikan setiap kamar layak untuk dijual kepada tamu. Sebuah kamar dinyatakan layak ketika property-property dalam kamar tersebut tersedia dan layak dipergunakan. Masalah yang sering terjadi adalah begitu banyak tamu yang ingin menginap, namun kamar yang layak untuk dijual sedikit dikarenakan property dalam kamar belum tersedia, mengakibatkan kamar tidak dapat dijual kepada tamu. Kondisi ini dikarenakan belum optimalnya manajemen inventory dalam melakukan pengumpulan, pemrosesan, penyimpanan, dan distribusi data kepada setiap entitas dalam hotel, khususnya dalam hal property kamar. Maka diperlukan sistem manajemen inventory property yang mampu untuk mempercepat proses pengumpulan, pemrosesan, penyimpanan, dan distribusi data kepada setiap entitas, sehingga kinerja setiap entitas dalam hotel meningkat, dan pelayanan hotel terhadap tamu menjadi optimal. Perancangan sistem informasi inventory property di Hotel Dangau menggunakan metodologi SDLC, sehingga kebutuhan-kebutuhan di Hotel Dangau dapat dipaparkan secara jelas dan rancangan yang dilakukan dapat menyelesaikan masalah yang ada. Model implementasi yang dipakai dalam melakukan perancangan adalah model prototyping. Kemudian dilanjutkan dengan pengujian terhadap sistem informasi inventory property yang telah dibangun. Berdasarkan hasil dari pengujian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa sistem manajemen inventory property yang telah dirancang dan dibangun dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan di Hotel Dangau, serta memudahkan pekerjaan setiap divisi di Hotel Dangau.
Analisis Pengaruh Penerapan Stopword Removal Pada Performa Klasifikasi Sentimen Tweet Bahasa Indonesia Sherren Jessica Angelina; Arif Bijaksana Putra Negara; Hafiz Muhardi
Jurnal Aplikasi dan Riset Informatika Vol 1, No 2 (2023)
Publisher : Jurnal Aplikasi dan Riset Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jari.v2i1.69680

Abstract

Sehubung dengan mudahnya akses digital seperti penggunaan media sosial twitter, maka setiap individu menjadi lebih bisa untuk saling berinteraksi dalam bertukar pendapat, argumen dan pokok pikiran. Sehingga ketersediaan data untuk dikumpulkan dan diolah menjadi suatu informasi seperti sentimen analisis terasa lebih gampang dan cepat untuk didapatkan. Melalui analisis sentimen atau opinion mining, maka sentimen analisis dapat diklasifikasikan menjadi 3 jenis, yaitu sentimen positif, netral dan negatif.  Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model klasifikasi dengan performa terbaik dan optimal dalam melakukan klasifikasi sentimen tweet Bahasa Indonesia dan juga untuk mengetahui pengaruh penerapan Stopword Removal dalam membangun model klasifikasi sentimen analisis. Adapun agoritma yang digunakan pada penelitian ini adalah algoritma Naïve Bayes dan Decision Tree. Berdasarkan hasil evaluasi, model klasifikasi terbaik pada penelitian ini adalah dengan pengimplementasian algoritma Naïve Bayes tanpa disertai Stopword Removal  dengan nilai f1-score sebesar 71.78%. Sedangkan model klasifikasi terburuk pada penelitian ini adalah pada pengimplementasian algoritma Decision Tree  tanpa disertai Stopword Removal dengan nilai f1-score sebesar 58.08%. Untuk penerapan Stopword Removal, pada algoritma Decision Tree penerapannya lebih memberikan performa optimal jika dibandingkan dengan algoritma Naïve Bayes. Hal ini terlihat dengan terjadinya peningkatan nilai f1-score pada algoritma Decision Tree dan penurunan nilai f1-score pada algoritma Naïve Bayes. Salah satu faktor penurunan ini ialah dikarenakan Stopword Removal dapat mengurangi informasi dan mengubah makna tweet yang diolah dikarenakan ia akan melakukan penghapusan pada kata yang masuk kedalam daftar stoplist, sehingga tweet tersebut kehilangan sentimennya. Ditambah lagi penerapan stoplist NLTK yang digunakan untuk melakukan Stopword Removal pada penelitian ini lebih bekerja optimal pada pengklasifikasian dokumen dibandingkan sentimen.
Aplikasi Penentuan Jarak Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru pada Sekolah Menengah Atas di Kota Pontianak Feisal Tanjung; Novi Safriadi; Helen Sasty Pratiwi
Jurnal Aplikasi dan Riset Informatika Vol 1, No 2 (2023)
Publisher : Jurnal Aplikasi dan Riset Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jari.v2i1.61157

Abstract

Menurut Permendikbud nomor 51 tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru, pemerintah telah menerapkan sistem zonasi penerimaan peserta didik baru dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Masih terdapat beberapa kendala dalam penentuan rute yang dipilih saat proses sistem zonasi. Permasalahan serupa juga muncul dalam proses pendaftaran peserta didik baru di Kota Pontianak, sehingga perlu dikembangkan suatu solusi untuk mendapatkan rute terbaik bagi siswa. Metode penelitian menggunakan metodologi Systems Development Life Cycle (SDLC) dengan model Waterfall. Penerapan tracking rute dalam penelitian ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi siswa untuk memasukkan rute yang sesuai dan relevan dengan keadaan di lapangan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan tracking rute dalam proses penentuan jarak dapat memberikan rute alternatif yang memiliki jarak lebih pendek dari rute yang telah ditetapkan oleh panitia penerimaan peserta didik baru.
Analisis Performa Web server Python dan Go Pada Protokol Http (Hypertext Transfer Protocol) Razsanjani, Muhammad Lilhadiksi; Nasution, Helfi; Novriando, Haried
Jurnal Aplikasi dan Riset Informatika Vol 2, No 2 (2024)
Publisher : Jurnal Aplikasi dan Riset Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/juara.v2i2.82059

Abstract

Di era digital saat ini, performa web server memegang peranan penting dalam menyajikan konten dan layanan kepada pengguna. Python dan Go merupakan dua bahasa pemrograman yang umum digunakan dalam pengembangan web server. Python dikenal mudah dipelajari dan memiliki banyak library yang mendukung, sedangkan Go didesain untuk memungkinkan pengembangan aplikasi yang cepat dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis performa web server yang diimplementasikan dengan Python dan Go pada protokol HTTP, dengan membandingkan efisiensi penggunaan sumber daya (CPU dan RAM), kecepatan, stabilitas, dan skalabilitas. Pengujian performa dilakukan menggunakan skenario beban user (200, 400, 600, 800, dan 1000 pengguna). Kinerja diukur dengan Throughput, penggunaan CPU dan memori, serta waktu pemrosesan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Go memiliki skalabilitas yang lebih baik dengan Throughput mencapai 346 tps pada 200 pengguna, dibandingkan Python yang hanya 188 tps. Go juga lebih stabil dengan peningkatan waktu pemrosesan yang lebih rendah dan konsisten, serta penggunaan CPU yang lebih efisien, misalnya pada beban 200 pengguna, penggunaan CPU Go adalah 3,23%, sedangkan Python 9,62%. Namun, pada beban 800 dan 1000 pengguna, Go menggunakan lebih banyak memori. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa Go lebih efisien dan konsisten dalam mengelola beban tinggi, menjadikannya pilihan yang lebih baik untuk aplikasi yang membutuhkan efisiensi, kecepatan, stabilitas, dan skalabilitas. Implementasi protokol HTTP pada Go memberikan hasil performa yang lebih unggul dibandingkan Python, membuatnya solusi yang lebih efektif untuk aplikasi dengan jumlah pengguna banyak.
Rancang Bangun Sistem Aduan Penerangan Jalan Umum (PJU) dengan Menggunakan Mapbox dan Mobile Android Muhammad Muammar Qadafi; Yus Sholva; Haried Novriando
Jurnal Aplikasi dan Riset Informatika Vol 1, No 2 (2023)
Publisher : Jurnal Aplikasi dan Riset Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jari.v2i1.53348

Abstract

Penerangan jalan umum (PJU) merupakan salah satu pelayanan yang diberikan oleh pemerintah daerah untuk mempermudah lalu lintas masyarakat di malam hari. Namun di antara PJU tersebut, pasti terdapat unit-unit yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya atau rusak. Rusaknya PJU dapat berakibat pada ketidaknyamanan pengguna jalan di malam hari karena jalan yang dilalui menjadi gelap sehingga dapat mengakibatkan kecelakaan dan menjadi rawan akan tindakan kriminal. Namun, pelaporan PJU masih dilakukan dengan cara konvensional seperti datang langsung ke dinas terkait maupun via telepon. Untuk itu dengan memanfaatkan kemajuan teknologi pada perangkat berbasis web dan mobile Android maka dibuatlah sebuah aplikasi alternatif pelaporan yang dapat memudahkan pihak terkait untuk dapat segera melakukan pengecekan dan perbaikan pada unit PJU. Tujuan dari penelitian adalah untuk memudahkan masyarakat melakukan aduan kerusakan PJU. Perancangan dilakukan dengan menggunakan metode Unified Modelling Language (UML). Metode pengujian dilakukan dengan dua cara, yaitu pengujian Black Box dan pengujian UAT yang dinilai berdasarkan skala Likert. Berdasarkan hasil dari implementasi dan pengujian menggunakan metode Black Box, aplikasi dapat berjalan dengan baik tanpa ada kendala. Sedangkan untuk pengujian dengan metode UAT skala Likert didapatkan nilai hasil 87,4% dan menunjukkan bahwa aplikasi dikategorikan dengan kriteria berhasil dengan sangat baik.
Aplikasi Koperasi Petani Kelapa Sawit Kapuas Hulu Eva Oktaviana; Rudy Dwi Nyoto; Anggi Perwitasari
Jurnal Aplikasi dan Riset Informatika Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Jurnal Aplikasi dan Riset Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jari.v1i1.53222

Abstract

Koperasi kelapa sawit  Kapuas Hulu merupakan suatu badan usaha koperasi yang berada di Kapuas Hulu. Koperasi ini dalam menjalankan usahanya terutama dalam usaha perkebunan kelapa sawit, membangun kemitraan atau bekerja sama dengan warga setempat yang memiliki kebun kelapa sawit. Koperasi kelapa sawit juga menyelenggarakan kegiatan usaha anggota yang lain, yaitu berupa : simpan pinjam, pupuk, dan angkutan Tandan Buah Segar (TBS). Dalam pengelolaan pendataan yang ada di koperasi ini dinilai belum efektif, karena sering kali ditemui berbagai masalah khususnya dalam hal pengolahan keluar masuknya data yang ada, terutama pengolahan data pada unit simpan pinjam. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat aplikasi koperasi kelapa sawit yang diharapkan dapat membantu dalam mengelola pendataan pada koperasi kelapa sawit Kapuas Hulu. Dari hasil pengujian Blackbox, aplikasi berjalan sesuai fungsinya.
Sistem Informasi PNBP DIrektorat Pengamanan Objek Vital Polda Kalimantan Barat Febryan Caesar Pratama
Jurnal Aplikasi dan Riset Informatika Vol 2, No 1 (2023)
Publisher : Jurnal Aplikasi dan Riset Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/juara.v2i1.68035

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem informasi yang terkomputerisasi dalam pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) pada Direktorat Pengamanan Objek Vital Polda Kalimantan Barat. Saat ini, pengelolaan data PNBP dilakukan secara manual, yang sering menghadapi kendala seperti ketidaksesuaian hasil dengan yang direncanakan, sering terjadi kesalahan, keterlambatan dalam pengiriman data, dan memakan banyak waktu. Dalam penelitian ini, penulis akan merancang dan mengimplementasikan sebuah sistem informasi yang dapat membantu pengelolaan, pencatatan laporan, dan pendapatan data PNBP secara efisien. Sistem informasi yang akan dikembangkan diharapkan dapat meningkatkan keakuratan, kecepatan, kejelasan, dan mengurangi kesalahan dalam proses bisnis PNBP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, analisis kebutuhan, perancangan sistem, pengembangan perangkat lunak, dan uji coba implementasi. Sistem informasi PNBP yang dibangun akan mencakup fitur-fitur seperti pengelolaan data PNBP, pencatatan laporan, dan analisis pendapatan data PNBP. Diharapkan bahwa implementasi sistem informasi PNBP ini akan membantu Direktorat Pengamanan Objek Vital Polda Kalimantan Barat dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan PNBP. Selain itu, diharapkan juga dapat mempercepat proses bisnis, mengurangi kesalahan, serta meningkatkan kualitas laporan dan analisis data PNBP
Penerapan Geoxml3 dan Algoritma Binary Search pada Sistem Informasi Geografis Cetak Sawah Provinsi Kalimantan Barat Muhammad Khairudin; Yus Sholva; Novi Safriadi
Jurnal Aplikasi dan Riset Informatika Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Jurnal Aplikasi dan Riset Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jari.v1i1.53066

Abstract

Sistem Informasi Geografis (SIG) cetak sawah adalah suatu sistem yang mengcapture, mengintegrasikan, memanipulasi, menganalisa, dan menampilkan data secara spasial (keruangan). GeoXML3 digunakan untuk memproses data KML menjadi polygon, polyline, dan marker koordinat sehingga dapat diproses melewati batas maksimum google maps javascript API dan algoritma Binary Search digunakan pada saat memvisualisasikan dilakukan pencarian terlebih dahulu terhadap layer apa saja yang sudah divisualisasikan tidak perlu divisualisasikan ulang setiap ada request layer sehingga dapat mengurangi perulangan pemrosesan. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan suatu sistem yang mengimplementasikan GeoXML3 dan algoritma Binary Search guna mengurangi perulangan pemrosesan, dapat memudahkan dalam penyeleksian layer, dan mengurangi resource komputer yang besar. Alat dalam perancangan penelitian ini adalah Data Flow Diagram, dengan pengujian menggunakan metode black box, pengujian komparatif dengan metode Mann Whitney U Test menguji jumlah placemark data dengan nilai U-value 4.5 dan uji waktu/kecepatan dengan nilai U-value 7.0, yang berarti setelah menerapkan Geoxml3 dan algoritma binary search terdapat perbedaan yang signifikan pada sistem. Pengujian kuesioner dengan 15 responden yang menghasilkan nilai index 97.33% menggunakan perhitungan skala likert yang berarti responden “SANGAT SETUJU” terhadap penerapan sistem GeoXML3 dan algoritma binary search pada SIG cetak sawah di Provinsi Kalimantan Barat.