Implementasi peran kepemimpinan transformasional, proses kelincahan belajar peserta didik pendidikan nonformal, proses peningkatan lembaga pusat kegiatan belajar mengajar (PKBM), Metode penelitian kualitatif, lokasi di kabupaten Barru, informan sesuai bidang kompetensi, data Hasil informan kunci utama, penelitian langsung, Kepala Bidang Pengembangan PAUD dan Pendidikan Nonformal. Lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) se-Kabupaten Barru. Pembahasan hasil, implementasi kepemimpinan lembaga pusat kegiatan belajar mengajar (PKBM) dalam transformasi proses pembelajaran, peserta didik belum memiliki kemandirian belajar sehingga mengakibatkan kemajuan proses pembelajaran menjadi tertinggal. Pengembangan pembelajaran pada pendidikan anak usia dini dan pendidikan luar sekolah dengan proses kemandirian peserta didik mengakibatkan ketidakmampuan dalam bersaing, Temuan, Peran kepemimpinan belum mampu melakukan transformasi proses pembelajaran dengan kelincahan dalam meningkatkan proses kemandirian dan kelincahan belajar peserta didik pada lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) masih perlu ditingkatkan di kabupaten Barru.
Copyrights © 2025