Tahap awal bagi pasien rawat inap melibatkan pendaftaran atau registrasi di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Inap (TPPRI), yang menjadi aspek kritis karena berhubungan dengan kesehatan dan keselamatan pasien. Lama waktu tunggu dalam pelayanan ini dapat merugikan pasien, mempengaruhi kemampuan untuk mendapatkan perawatan di bangsal rawat inap setelah persyaratan administratif di TPPRI terpenuhi. Sebaliknya, pelayanan optimal memastikan tidak ada keterlambatan dalam memberikan jasa rawat inap, memungkinkan upaya penyembuhan dan penanganan segera dilakukan.Penelitian ini fokus pada pengaruh respon time pelayanan registrasi rawat inap terhadap kepuasan pasien berdasarkan persepsi dan harapan di Rumkital Dr. Ramelan. Melalui metode Partial Least Squares (PLS), penelitian dilakukan dengan observasi dan pengisian kuisioner terhadap 30 pasien rawat inap. Hasil survei menunjukkan 90,0% responden menyatakan respon time pelayanan cepat, sementara 10,0% menganggapnya lambat. Analisis juga mengidentifikasi dua keterangan indikator pasien yang tidak puas dan sembilan keterangan indikator pasien yang merasa puas terhadap respon time.Secara individu, respontime berpengaruh pada persepsi dan harapan pasien, dengan nilai t hitung masing-masing adalah 1,185 dan 1,176, serta nilai signifikansi di bawah 0,05. Rekomendasi peneliti melibatkan pengawasan, pelatihan lanjutan bagi petugas registrasi, dan peningkatan sarana serta prasarana di TPPRI untuk meningkatkan kepuasan pasien.
Copyrights © 2023