Jurnal Pendidikan Nusantara
Vol. 9 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Nusantara ( Febuari-Agustus)

FILSAFAT ILMU DALAM KONTEKS SEJARAH

Hartati, Hartati (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2024

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan tidak terlepas dari peran dan pengaruh filsafat Barat, pada awalnya pemikiran filsafat Barat Yunani kuno, filsafat identik dengan ilmu pengetahuan. Pengetahuan filsafat dengan pengetahuan waktu itu tidak dipisahkan dan semua hasil pemikiran pada waktu itu filsafat. Penulisan ini dapat mengungkapkan dimana letaknya ilmu pengetahuan dan dimana pula letaknya filsafat apalagi di zaman kontemporer yang ilmunya berpijak pada masing-masing bidang keahliannya. Kajian konseptual ini mengungkapkan bahwa pengetahuan tidak sama dengan ilmu karena ilmu merupakan bahagian dari pengetahuan artinya setiap ilmu sudah pasti pengetahuan tetapi setiap pengetahuan belum tentu ilmu. Dapat disimpulkan bahwa ilmu merupakan suatu objek ilmiah yang memiliki kelompok prinsip, dalil, rumus yang dilakukan melalui percobaan yang sistematis dan ilmu pengetahuan berkembang seiring dengan perkembangan kehidupan manusia yang berlangsung secara bertahap. Perkembangan ilmu di warnai berbagai karakteristik yang berbeda di setiap zaman seperti zaman Yunani kuno dengan karakteristik kosmologi, zaman pertengahan teosentris, zaman renaissance dan zaman modern menghidupkan kembali rasionalisme keilmuan subjektivitas dan humanisme dan pada zaman kontemporer ilmu dikembangkan dalam segala sektor kehidupan, ilmu diwujudkan menjadi sosialis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpn

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education

Description

Jurnal Pendidikan Nusantara merupakan wadah ilmiah yang memfokuskan diri pada publikasi naskah di bidang Ilmu Pendidikan dan Humaniora, termasuk Pendidikan Agama Islam. Pertama kali terbit pada bulan Februari 2016, jurnal ini telah mencapai 24 edisi hingga saat ini. Ruang lingkupnya meliputi hasil ...