Jurnal Pendidikan Nusantara
Vol. 9 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan Nusantara (Agustus-Febauri)

STRATEGI USTAZ  DALAM MENINGKATKAN KOPENTENSI PROFESIONAL DI DAYAH UMMUL AYMAN SAMALANGA KABUPATEN BIREUEN

Ahmad Syauky, Ahmad Syauky (Unknown)
Ainal Mardhiah, Ainal Mardhiah (Unknown)
Jamaluddin Idris, Jamaluddin Idris (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2025

Abstract

Dayah merupakan pendidikan Islam tertua di Aceh. Kualitas Pendidikan dayah sangat ditentukan oleh peran ustaz atau tengku, Peran ustaz di dayah  sangat penting dalam pendidikan agama mulai dari moralitas, sampai integritas untuk menciptakan kader-kader santri yang berpontensi. Seorang Ustaz dalam memberikan pengajarannya memiliki banyak strategi dan metode yang diajarkan terhadap santrinya. Kita dapat melihat dari santrinya, karena santri adalah cerminan dari ustaznya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, usaha, dan kendala Ustaz dalam Meningkatkan Kopetensi Profesional di dayah Ummul Ayman Samalanga Kabupaten Bireuen. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif, dimana pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan peningkatan profesional, ustaz di Dayah Ummul Ayman harus menyelesaikan studi belajar selama 10 tahun dan akan diseleksi lagi menjadi kader ustaz. Kemudian ketika menjadi ustaz, harus selalu mentaati seluruh peraturan yang ada di Dayah Ummul Ayman, dan selalu mengasah ilmu pengetahuan untu mendidik santrinya. Namun kendala yang dihadapi oleh ustaz di Dayah Ummul Ayman seperti kurannya etika dan pergaulan sesama ustaz dan santrinya, dan kurang sikap mendidik dan membimbing santrinya agar terbiasa dalam ibadah dengan sendirinya. Kendala lain seperti kurangnya pengetahuan yang dimiliki seorang ustaz dalam menyampaikan ilmu. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpn

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education

Description

Jurnal Pendidikan Nusantara merupakan wadah ilmiah yang memfokuskan diri pada publikasi naskah di bidang Ilmu Pendidikan dan Humaniora, termasuk Pendidikan Agama Islam. Pertama kali terbit pada bulan Februari 2016, jurnal ini telah mencapai 24 edisi hingga saat ini. Ruang lingkupnya meliputi hasil ...