Jurnal Pendidikan Nusantara
Vol. 9 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan Nusantara (Agustus-Febauri)

PENGARUH LKS BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP Negeri 8 Banda Aceh

Muhammad Alboihaqi, Muhammad Alboihaqi (Unknown)
Yulisa Ismi, Yulisa Ismi (Unknown)
Risna wati, Risna wati (Unknown)
Erni Maidiyah4, Erni Maidiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman matematis siswa yang berdampak pada hasil belajar yang kurang memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis masalah terhadap peningkatan pemahaman matematis siswa SMP Negeri 8 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek sebanyak 31 siswa kelas VII. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes awal, persentase siswa yang mencapai ketuntasan sebesar 32,25%. Setelah penerapan LKS berbasis masalah pada siklus I, persentase ketuntasan meningkat menjadi 52,61%, dan pada siklus II naik menjadi 72,41%. Dengan demikian, penerapan LKS berbasis masalah terbukti dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa, yang pada akhirnya berdampak positif terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 8 Banda Aceh.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpn

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education

Description

Jurnal Pendidikan Nusantara merupakan wadah ilmiah yang memfokuskan diri pada publikasi naskah di bidang Ilmu Pendidikan dan Humaniora, termasuk Pendidikan Agama Islam. Pertama kali terbit pada bulan Februari 2016, jurnal ini telah mencapai 24 edisi hingga saat ini. Ruang lingkupnya meliputi hasil ...