Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman matematis siswa yang berdampak pada hasil belajar yang kurang memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis masalah terhadap peningkatan pemahaman matematis siswa SMP Negeri 8 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek sebanyak 31 siswa kelas VII. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes awal, persentase siswa yang mencapai ketuntasan sebesar 32,25%. Setelah penerapan LKS berbasis masalah pada siklus I, persentase ketuntasan meningkat menjadi 52,61%, dan pada siklus II naik menjadi 72,41%. Dengan demikian, penerapan LKS berbasis masalah terbukti dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa, yang pada akhirnya berdampak positif terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 8 Banda Aceh.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024