Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA dan Teknologi
Vol. 1 No. 1 (2024): Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA dan Teknologi

Media Evaluasi Belajar Mengunakan QUIZIZZ Bagi Siswa Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri

Hermansyah, Hermansyah (Unknown)
Priscillah, Wahidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan diupayakan dengan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap proses pembelajaran dapat dilihat dari perubahan yang terjadi dari keadaan sebelumnya. Penilaian hasil belajar merupakan komponen penting dalam kegiatan pembelajaran. Instrumen untuk mencapai hasil belajar harus memperhatikan perkembangan dan kemampuan siswa. Sebagian besar guru menggunakan Penilaian dalam bentuk tes tertulis. Dengan adanya penggunaan tes siswa kurang terkesan sehingga hasil belajar siswa rendah. Quizizz merupakan salah satu alternatif untuk melakukan penilaian yang menyenangkan, dan akuntabel serta data penilaian dapat diketahui secara real time sesuai dengan tuntutan revolusi industri 4.0. Menggunakan Quizizz akan memotivasi tingkat berpikir anak menjadi lebih menyenangkan dan santai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 2 Sumbawa yang terdiri dari 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari 48% menjadi 85%, artinya terjadi peningkatan persentase sebesar 37%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Quizizz dalam penilaian pada pembelajaran fisika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MAN 2 Sumbawa Tahun Pelajaran 2022/2023.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

galaxy

Publisher

Subject

Chemistry Computer Science & IT Education Mathematics Physics

Description

Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA dan Teknologi is a high-quality open-access peer-reviewed research journal published by the Yayasan Insan Mulia Bima. Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA dan Teknologi provides a platform that welcomes and acknowledges high-quality empirical original research papers in the ...