cover
Contact Name
Syahriani Yulianci
Contact Email
ejournalgalaxy@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ejournalgalaxy@gmail.com
Editorial Address
Jalan Lintas Tente - Godo, Desa Samili, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima - NTB
Location
Kab. bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA dan Teknologi
ISSN : -     EISSN : 30639905     DOI : https://doi.org/10.59923/galaxy
Core Subject : Science, Education,
Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA dan Teknologi is a high-quality open-access peer-reviewed research journal published by the Yayasan Insan Mulia Bima. Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA dan Teknologi provides a platform that welcomes and acknowledges high-quality empirical original research papers in the field of education written by researchers, academics, professionals, and practitioners.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 15 Documents
Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Arif Rahman Hakim
Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2024): Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA dan Teknologi
Publisher : Yayasan Insan Mulia Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59923/galaxy.v1i1.140

Abstract

Hasil belajar IPA merupakan salah satu hal penting yang perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 18 Dodu Kota Bima. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperiment. Sampel penelitian ini satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, soal tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil analisis keterlaksanaan pembelajaran diperoleh rata-rata sebesar 83,12% dengan kategori sangat baik. Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai t-hitung sebesar 2,299 dan t-tabel dengan taraf signifikansi 0,05 sebesar 1,689. Melalui nilai tersebut diketahui bahwa thitung > ttabel, sehingga Ha diterima dan Họ ditolak yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh model project based learning (PjBL) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 18 Dodu Kota Bima. Dari hasil tersebu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Project Based Learning memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 18 Dodu Kota Bima.
Media Evaluasi Belajar Mengunakan QUIZIZZ Bagi Siswa Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Hermansyah, Hermansyah; Priscillah, Wahidah
Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2024): Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA dan Teknologi
Publisher : Yayasan Insan Mulia Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59923/galaxy.v1i1.141

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan diupayakan dengan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap proses pembelajaran dapat dilihat dari perubahan yang terjadi dari keadaan sebelumnya. Penilaian hasil belajar merupakan komponen penting dalam kegiatan pembelajaran. Instrumen untuk mencapai hasil belajar harus memperhatikan perkembangan dan kemampuan siswa. Sebagian besar guru menggunakan Penilaian dalam bentuk tes tertulis. Dengan adanya penggunaan tes siswa kurang terkesan sehingga hasil belajar siswa rendah. Quizizz merupakan salah satu alternatif untuk melakukan penilaian yang menyenangkan, dan akuntabel serta data penilaian dapat diketahui secara real time sesuai dengan tuntutan revolusi industri 4.0. Menggunakan Quizizz akan memotivasi tingkat berpikir anak menjadi lebih menyenangkan dan santai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 2 Sumbawa yang terdiri dari 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari 48% menjadi 85%, artinya terjadi peningkatan persentase sebesar 37%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Quizizz dalam penilaian pada pembelajaran fisika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MAN 2 Sumbawa Tahun Pelajaran 2022/2023.
Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Beserta Kaitannya dengan Gaya Kognitif Siswa Yahya, Fahmi; Erma Suryani; Hermansyah, Hermansyah; Nurhairunnisah, Nurhairunnisah
Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2024): Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA dan Teknologi
Publisher : Yayasan Insan Mulia Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59923/galaxy.v1i1.142

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap siswa. Pendekatan ini memperhatikan perbedaan-perbedaan antara siswa dalam kelas, baik dari segi kemampuan, minat, bakat, maupun kebutuhan belajarnya. Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dapat didukung oleh pemanfaatan teknologi untuk memberikan berbagai pilihan aktivitas dan materi pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya kognitif siswa. Kajian ini dilakukan untuk mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran berdiferensiasi dalam kaitannya dengan gaya belajar kognitif siswa. Artikel ini juga berusaha memberikan contoh penerapan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran berdiferensiasi. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah dengan studi kepustakaan dengan mengkaji beberapa literature untuk dianalisis dan dibuat kesimpulan. Hasil kajian menunjukkan bahwa teknologi dapat menjadi alat yang potensial untuk meningkatkan pengajaran di sekolah. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran berdiferensiasi membuat proses pembelajaran dapat lebih maksimal. Teknologi memungkin guru untuk menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan gaya kognitif siswa.
Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Alat Peraga Sederhana terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Rabiatul Adawiyah; Hikmawati, Hikmawati; Sutrio, Sutrio
Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2024): Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA dan Teknologi
Publisher : Yayasan Insan Mulia Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59923/galaxy.v1i1.143

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan alat peraga sederhana terhadap hasil belajar fisika siswa. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP 4 Gerung Tahun Ajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling yang terbagi menjadi dua kelompok. Siswa kelas VIII D dengan jumlah 26 sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VIII E dengan jumlah 28 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data dilakukan dengan instrument tes pilihan ganda yang diberikan pada saat tes awal (Pre-test) dan tes akhir (Post-test). Teknik analisis data menggunakan uji-t Separated Varians. Hasil pre-tes menunjukkan kemampuan awal kedua kelompok adalah sama dengan nilai rata-rata 37. Sedangkan hasil post-test diperoleh nilai rata-rata 81 untuk kelompok eksperimen dan 71 untuk kelompok kontrol. Hasil uji-t pada post-test diperoleh nilai thitung sebesar 3,939 dan ttabel sebesar 2,056 pada taraf signifikansi 5%. Nilai thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah dengan alat peraga sederhana berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa.
Pengaruh Video Animasi Terhadap Minat Belajar IPA Siswa SD Kelas IV Nurjumiati, Nurjumiati; Herlina Herlina; Syahriani Yulianci; Ningsyih, Suriya; Khatimah, Husnul
Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2024): Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA dan Teknologi
Publisher : Yayasan Insan Mulia Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59923/galaxy.v1i1.144

Abstract

Minat belajar merupakan hal penting yang perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh video animasi terhadap minat belajar IPA siswa SD kelas IV. Jenis penelitan ini adalah penelitian pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest. Sampel penelitian ini adalah siswa SD kelas IV berjumlah 25 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket minat belajar dan tes hasil belajar. Hasil uji validasi yang di lakukan oleh 2 validator pada perangkat pembelajaran dengan nilai sebesar 113,2%, hasil dari video animasi sebesar 98,57%, hasil dari angket minat belajar siswa sebesar 92%, hasil dari angket keterlaksanaan pembelajaran sebesar 107,1% dan hasil dari tes hasil belajar siswa dengan nilai sebesar 91,42. Dan  setelah dilakukan uji hipotetsis dengan menggunakan SPSS versi 21 for windwos diperoleh nilai sebesar 0,807, hasil analisis dan dari keterlaksanaan pembelajaran diperoleh nilai sebesar 75% dan tes hasil belajar diperoleh nilai sebesar 0,390. Dengan demikian menunjukkan bahwa media video animasi terdapat pengaruh yang signifikan, oleh karena itu, hasil akhir menunjukkan terdapat pengaruh video terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPA maka Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh video animasi terhadap minat belajar siswa kelas IV SDN.
Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Untuk Menunjang Kemandirian Belajar Siswa Nurhairunnisah, Nurhairunnisah; Lela Permata Sukma; Musahrain, Musahrain; Andi Haris
Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA dan Teknologi Vol. 1 No. 2 (2024): Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA dan Teknologi
Publisher : Yayasan Insan Mulia Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59923/galaxy.v1i2.347

Abstract

Menciptakan suasana pembelajaran yang mendorong peserta didik lebih aktif dan berdaya guna sehingga bisa mencapai tujuan yang telah ditentukan merupakan tanggung jawab pendidik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memfasilitasi hal tersebut agar suasana pembelajaran menjadi lebih kondusif yaitu yaitu penggunaan modul yang menarik dan applicable yang dapat membuat mereka merasa senang dan nyaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pelajaran yang layak untuk digunakan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4D dengan jumlah subjek uji coba yang digunakan pada kelompok kecil sebanyak 9 orang dan kelompok terbatas sebanyak 25 orang dan 2 orang validator yaitu validasi ahli materi dan ahli media. Hasil validasi ahli materi diperoleh skor rata-rata 3,9 dengan kategori sangat layak, ahli media 3,8 dengan kategori sangat layak dan respon siswa 3,9 dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran bangun ruang sisi datar matematika dapat digunakan untuk menunjang kemandirian belajar siswa.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar IPA SDN Inpres 2 Lanta Fatimah Azzahra; Nurjumiati, Nurjumiati
Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA dan Teknologi Vol. 1 No. 2 (2024): Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA dan Teknologi
Publisher : Yayasan Insan Mulia Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59923/galaxy.v1i2.348

Abstract

Model pembelajaran merupakan hal penting yang terus berinovasi agar pembelajaran lebih menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media pop up book terhadap hasil belajar IPA SDN Inpres 2 Lanta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu kategori one grup pretest-posttest design di SDN Inpres 2 Lanta dengan jumlah sampel 23 orang siswa yang di lakukan menggunakan model kooperatif tipe STAD berbantuan media pop up book. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Inpres 2 Lanta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes (pretest dan posttest). Hasil validasi dari semua validator sangat baik yaitu, validator media memperoleh skor 88,89% (layak), validator materi memperoleh skor 92% (sangat layak). Sedangkan hasil pretest memperoleh nilai rata-rata 36,53, selanjutnya meningkat pada hasil posttest siswa memperoleh nilai rata-rata 54,35. Dan hasil uji beda Wilcoxon Signed Ranks Test mendapat nilai 0,02 dengan sig,< 0,05 maka Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan ada perbedaan sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media pop up book terhadap hasil belajar IPA SDN Inpres 2 Lanta.
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa SD Meilani Anjelina; Nurjumiati, Nurjumiati; Suriya Ningsyih; Husnul Khatimah
Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA dan Teknologi Vol. 1 No. 2 (2024): Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA dan Teknologi
Publisher : Yayasan Insan Mulia Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59923/galaxy.v1i2.349

Abstract

LKPD merupakan hal penting yang perlu untuk terus diinovasikan, salah satunya menggunakan aplikasi canva. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar IPA peserta didik melalui pengembangan LKPD IPA berbasis Aplikasi Canva. LKPD ini disusun dengan menggunakan metode penelitian pengembangan (Research & Development) model ADDIE. Pengambilan data penelitian dilakukan di SDN Rabakodo terhadap peserta didik kelas IV semester II. Tingkat kelayakan LKPD diperoleh dari validator ahli materi dan validator ahli media. Setelah divalidasi dan direvisi kemudian produk diujicobakan secara kelompok besar pada peserta didik. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) telah dihasilkan LKPD berbasis Aplikasi Canva yang layak digunakan, ditinjau dari penilaian kelayakan oleh validator materi yaitu 88,75% dengan kategori (sangat layak) dan validator media yang memperoleh skor 95%  (sangat layak) untuk meningkatka hasil belajar IPA peseta didik SD kelas IV; (2) peningkatan hasil  belajar peserta didik melalui LKPD berbasis Aplikasi Canva dengan standar gain sebesar 0,65 dengan kategori sedang; (3) peningkatan hasil kefektifan belajar IPA peserta didik melalui LKPD berbasis Aplikasi Canva sebesar 65 dengan kategori sedang.
Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal Bima Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas IV SDN Inpres Lara Nurul Arifah; Putri Febrianti
Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA dan Teknologi Vol. 1 No. 2 (2024): Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA dan Teknologi
Publisher : Yayasan Insan Mulia Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59923/galaxy.v1i2.351

Abstract

Penelitian ini berawal dari kurangnya semangat siswa dalam melakukan proses pembelajaran sehingga perlu dikembangkan sebuah produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebagai bahan ajar siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan serta keefektifan LKPD berbasis kearifan lokal Bima dalam meningkatkan keaktifan siswa kelas IV SDN Inpres Lara. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Pengembangan atau Research and Development dengan model ADDIE yang meliputi 5 langkah yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation. Uji kelayakan produk dilakukan oleh beberapa validator yaitu 2 ahli materi, dan 2 ahli media. Uji respon peserta didik terhadap produk yang dibuat berjumlah 10 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk LKPD memperoleh nilai rata-rata presentase ahli materi sebesar 96,6% dengan kategori “Sangat Layak”, ahli media memperoleh nilai rata-rata presentase sebesar 93,3% dengan kategori “Sangat Layak”, penilaian respon peserta didik terhadap produk LKPD memperoleh rata-rata presentase 92,1% dengan kategori “Sangat Layak”. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD yang telah peneliti kembangkan “Sangat Layak” untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Analisis Kelayakan Bahan Ajar IPAS Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SD Suriya Ningsyih; Nurjumiati, Nurjumiati; Asriyadin, Asriyadin; Nurul Fauziah
Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA dan Teknologi Vol. 1 No. 2 (2024): Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA dan Teknologi
Publisher : Yayasan Insan Mulia Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59923/galaxy.v1i2.358

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg & Gall dengan tahapanya yaitu Pengumpulan data, Perencanaan, Pengembangan draf produk, Uji coba lapangan, Merevisi hasil uji coba, Uji coba lapangan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan bahan ajar IPAS berbasis etnosains untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan persentase hasil pengskoran skala liker. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan instrumen angket. Data angket dengan menggunakan skor skala Likert lima tingkat teridi dari : tidak baik (nilai 1), kurang baik (nilai 2), cukup baik (nilai 3), baik (4), dan sangat baik (nilai 5). Hasil uji kelayakan ini terdiri dari angket hasil validasi ahli media dan hasil validasi ahli materi. Hasil uji kelayakan berdasrkan validasi ahli materi di peroleh nilai sebesar 80% dengan kategori sangat layak, sedangkan hasil uji kelayakan berdasarkan validasi ahli media diperoleh sebesar 83,3 % dengan kategori sangat layak juga, sehingga diperoleh rata-rata dari validasi ahli media dan ahli materi untuk uji kelayakan bahan ajar IPAS berbasis etnosains sebesar 81, 7 dengan kategori sangat layak. Oleh karena itu, maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar IPAS berbasis etnosains untuk meningkatkan kemampuan berpikr kreatif peserta didik sekolah dasar yang di kembangkan sangat layak.

Page 1 of 2 | Total Record : 15