Indonesian Journal of Education
Vol. 1 No. 2 (2024): Edisi Oktober

Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Paptor (Papan Faktor) untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Faktor Bilangan Siswa Kelas IV

Riani Purwaningsih (Unknown)
Bella Dwi Safera (Unknown)
Darmadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran dalam hal ini media pembelajaran Paptor (Papan Faktor) berbasis papan berhitung untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV dalam materi faktor bilangan. Pengembangan media pembelajaran papan faktor ini dipilih karena adanya permasalahan siswa dalam memahami pelajaran matematika khususnya pada materi factor bilangan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Design Thinking yakni Empatize, Define, Ideate, Prototype dan Test. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu observasi sebagai bentuk langkah awal dari tim peneliti untuk mengambil data awal penelitian. Hasil penelitian ini telah melalui berbagai tahap pengembangan serta hasil analisis data yang diperoleh sesuai dengan apa yang diharapkan oleh tim peneliti yakni peneliti berharap bahwa media Papan Faktor yang dikembangkan layak untuk digunakan. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IJE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

The Indonesian Journal of Education (IJE) is dedicated to advancing education by publishing high-quality, original research and scholarly articles. The journal serves as a platform for educators, researchers, and practitioners to share knowledge and insights, aiming to improve educational practices ...