Analisis kebutuhan berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SD menjadi pendorong dilakukannya penelitian ini. Pada mata pelajaran matematika, guru hanya menjelaskan materi melalui buku dan Chromebook. Akibatnya, pelajaran matematika dianggap siswa sebagai pelajaran yang sulit dan membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis Fraction Board guna meningkatkan pemahaman siswa kelas VI SD terhadap materi operasi pecahan. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, meliputi Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan), dan Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan angket. Melalui penelitian ini, diharapkan Fraction Board dapat menjadi solusi efektif dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi operasi pecahan, dan dapat diterapkan secara luas di sekolah-sekolah dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025