Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun Modul Ajar Fase D dengan penerapan FGD (Focus Grup Discussion) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Sukoharjo Semester 2 Tahun Pelajaran 2025/2026.. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan sekolah (PTS). Teknik pengumpulan data melalui observasi dan analisis data selama penerapan FGD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Observasi pada siklus 1 dan 2 menunjukkan bahwa melalui penerapan FGD (Focus Grup Discussion) dapat meningkatkan kompetensi guru pada aspek identifikasi dan penjelasan konsep dasar ilmu pengetahuan, analisis hubungan sebab akibat dalam konteks topik yang dibahas dalam modul, penggunaan alat dan metode yang sederhana untuk menyelidiki dan pengamatan fenomena alam serta perumusan pernyataan, pertanyaan, hipotesis yang sesuai dengan konteks ilmu pengetahuan yang sedang dipelajari pada fase D : 2 ) Data analisis dokumen menunjukkan bahwa penerapan FGD (Focus Grup Discussion) dapat meningkatkan kompetensi guru bahwa aspek kesesuaian modul ajar dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran fase D , keterpaduan dengan materi pembelajaran sebelumnya dan memastikan kelogisan serta kontinuitas pembelajaran , Pengintegrasian aspek multi disiplin yang mendukung pemahaman holistik peserta terhadap topik yang diajarkan dan Ketersediaan lembar evaluasi dengan menggunakan sumber daya pembelajaran tambahan seperti referensi media pembelajaran teknologi untuk memperkaya isi modul. Kesimpulan dalam penelitian adalah melalui penerapan FGD dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun Modul Ajar Fase D Semester 2 Tahun Pelajaran 2025/2026.
Copyrights © 2025