Indonesian Journal of Education
Vol. 1 No. 3 (2025): Edisi Februari

Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penyusunan Modul Ajar Fase D Melalui Penerapan FGD (Focus Grup Discussion)

Pramono (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun Modul Ajar Fase D  dengan penerapan FGD (Focus Grup Discussion) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Sukoharjo Semester 2 Tahun Pelajaran 2025/2026.. Metode penelitian ini adalah  Penelitian Tindakan sekolah (PTS). Teknik pengumpulan data melalui observasi dan analisis data selama penerapan FGD.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1)  Observasi pada siklus 1  dan 2  menunjukkan bahwa melalui penerapan FGD (Focus Grup Discussion) dapat meningkatkan kompetensi guru pada aspek  identifikasi dan penjelasan  konsep dasar ilmu pengetahuan,  analisis hubungan sebab akibat dalam konteks topik yang dibahas dalam modul,  penggunaan  alat dan metode yang sederhana untuk menyelidiki dan  pengamatan  fenomena alam serta   perumusan  pernyataan, pertanyaan,  hipotesis yang sesuai dengan konteks ilmu pengetahuan yang sedang dipelajari pada fase D : 2 ) Data analisis dokumen menunjukkan bahwa penerapan FGD (Focus Grup Discussion) dapat meningkatkan kompetensi guru bahwa aspek kesesuaian modul ajar dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran fase D , keterpaduan dengan materi pembelajaran sebelumnya dan memastikan kelogisan serta kontinuitas pembelajaran , Pengintegrasian  aspek multi disiplin yang mendukung pemahaman holistik peserta terhadap topik yang diajarkan dan Ketersediaan lembar evaluasi dengan menggunakan sumber daya pembelajaran tambahan seperti referensi media pembelajaran teknologi untuk memperkaya isi modul. Kesimpulan dalam penelitian adalah  melalui penerapan FGD dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun Modul Ajar Fase D Semester 2 Tahun Pelajaran 2025/2026.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IJE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

The Indonesian Journal of Education (IJE) is dedicated to advancing education by publishing high-quality, original research and scholarly articles. The journal serves as a platform for educators, researchers, and practitioners to share knowledge and insights, aiming to improve educational practices ...