Media Elektrik
Vol. 17 No. 2 (2020): MEDIA ELEKTRIK

EFEKTIVITAS PENERAPAN INTERAKTIF E-BOOK MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR PADA SISWA SMK

Alifya NFH (Universitas Negeri Makassar)
Edi Suhardi Rahman (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) menguji efektivitas penerapan bahan ajar interaktif E-book mata pelajaran pemrograman dasar dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru di SMK; (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan bahan ajar interaktif E-book mata pelajaran pemrograman dasar dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru di SMK. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ tahun ajaran 2019/2020. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Efektivitas penerapan bahan ajar interaktif E-book dilihat berdasarkan rerata persentase tanggapan peserta didik terhadap penggunaan bahan ajar interaktif E-book adalah sebesar 88.70% dengan kriteria sangat baik. Selanjutnya sebesar 92% peserta didik memperoleh ketuntasan tes hasil belajar; (2) Faktor pendukung dalam penerapan bahan ajar interaktif E-book diperoleh dari hasil observasi selama proses pembelajaran, yakni: (a) ketersediaan LCD Projector di ruang kelas; (b) peserta didik memiliki laptop pribadi; (c) keterampilan dasar peserta didik dalam menjalankan komputer; (3)Faktor penghambat dalam penerapan bahan ajar interaktif E-book adalah ukuran laptop yang relatif besar (10-14 inci) dan berat membuat E-book tidak portable untuk dibawa kemana mana, selanjutnya keterbatasan materi, dimana E-book ini hanya membahas kompetensi dasar struktur kontrol perulangan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mediaelektrik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Engineering

Description

Publications in the areas of Electrical Engineering, Information and Computer Engineering, and Control include research articles and reviews of the ...