Edutama
Vol. 1 No. 1 (2024): September 2024

Penerapan Media Audiovisual untuk Mengatasi Miskonsepsi Perkalian sebagai Penjumlahan Berulang Kelas 3A SDN Dukuh Kupang III Surabaya

Shalsa Misherina Pratiwi (Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)
Anna Roosyanti (Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)
Ratna Susanti (SDN Dukuh Kupang III/490 Surabaya)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya miskonsepsi yang cukup tinggi terkait materi perkalian sebagai penjumlahan berulang di kelas 3A SDN Dukuh Kupang III Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatasi miskonsepsi tersebut dengan menggunakan media audiovisual dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan penurunan signifikan dalam tingkat miskonsepsi peserta didik, dari 61,53% (kategori tinggi) pada pra-siklus menjadi 34,61% (kategori sedang) setelah siklus I, dan lebih lanjut menjadi 7,69% (kategori rendah) pada siklus II. Penurunan ini menunjukkan bahwa media audiovisual efektif dalam mengatasi pemahaman konseptual peserta didik yang mengalami miskonsepsi mengenai perkalian sebagai penjumlahan berulang. Penggunaan media audiovisual disarankankan sebagai alternatif untuk meminimalisir miskonsepsi dan meningkatkan hasil belajar matematika di kelas, khususnya pada konsep-konsep dasar yang sering disalahpahami.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edutama

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edutama : Jurnal Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas (E-ISSN : 3048-3107) merupakan Jurnal ilmiah dalam bidang pendidikan untuk menunjang kompetensi para Dosen, mahasiswa, peneliti dan Guru atau tenaga pengajar di dalam ruang lingkup Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. ...