Kurikulum merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakulikuler yang bermacam-macam agar peserta didik lebih optimal dan memiliki konsep dan menguatkan kompetisi yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terhadap problematika kesiapan guru terhadap penerapan kurikulum merdeka. . Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan meriview semua artikel terkait dengan kurikulum merdeka dan masalah yang dihadapi guru dalam kurun waktu 2018-2023. Artikel yang digunakan pada penelitian ini artikel yang diperoleh dari Google Scholar. Penerapan kurikulum merdeka belajar adalah terobosan yang membantu guru dan kepala sekolah dalam mengubah proses belajar menjadi relevan, mendalam dan menyenangkan. Dalam Kurikulum merdeka ini guru dituntut lebih kreatif dalam merancang modul ajar Problematika guru dalam penerapan kurikulum merdeka belajar pada umunya terdapat pada pemahaman struktur kurikulum yang dituntut dalam Pembelajaran intrakulikuler dan proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024