Jurnal Pembelajaran Inovatif
Vol. 7 No. 1 (2024): Jurnal Pembelajaran Inovatif

Pengembangan Learning Object “Interaktivitas Pembelajaran Daring” Berdasarkan The First Principles of Instruction Untuk Mata Kuliah Designing E-Learning

Amalia, Dinda (Unknown)
Ariani, Diana (Unknown)
Anis Chaeruman, Uwes (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2024

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan learning object “Interaktivitas Pembelajaran Daring” berdasarkan The First Principles of Instruction untuk mata kuliah Designing E-learning. Sasaran utama dari produk yang dikembangkan adalah mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan UNJ. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan model pengembangan Integrative Learning Design Framework (ILDF) yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu informed exploration, enactment, dan evaluation. Pengembangan ini juga melibatkan tiga ahli, yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli desain pembelajaran. Selain itu, penelitian pengembangan ini telah melalui serangkaian uji coba pengguna, mulai dari uji coba one-to-one dengan 3 orang mahasiswa, uji coba small group melibatkan 9 orang mahasiswa, dan field test dengan menggunakan Skala Likert yang melibatkan 17 orang mahasiswa. Nilai rata-rata yang didapat pada tahap uji coba lapangan sebesar 4,45 dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk learning object yang dihasilkan telah mencapai tingkat kualitas yang baik dan layak digunakan untuk memfasilitasi materi Interaktivitas Pembelajaran Daring pada mata kuliah Designing E-Learning.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Focus Pembelajaran Inovatif mendorong dosen, mahasiswa, praktisi, pemerhati, peminat TP dan guru untuk meneliti, menelaah, mengkaji, menelurkan gagasan kreatif terkait proses belajar di abad 21 & pembelajaran dari pendekatan konvensional namun inovatif hingga menggunakan teknologi ...