Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan learning object “Interaktivitas Pembelajaran Daring” berdasarkan The First Principles of Instruction untuk mata kuliah Designing E-learning. Sasaran utama dari produk yang dikembangkan adalah mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan UNJ. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan model pengembangan Integrative Learning Design Framework (ILDF) yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu informed exploration, enactment, dan evaluation. Pengembangan ini juga melibatkan tiga ahli, yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli desain pembelajaran. Selain itu, penelitian pengembangan ini telah melalui serangkaian uji coba pengguna, mulai dari uji coba one-to-one dengan 3 orang mahasiswa, uji coba small group melibatkan 9 orang mahasiswa, dan field test dengan menggunakan Skala Likert yang melibatkan 17 orang mahasiswa. Nilai rata-rata yang didapat pada tahap uji coba lapangan sebesar 4,45 dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk learning object yang dihasilkan telah mencapai tingkat kualitas yang baik dan layak digunakan untuk memfasilitasi materi Interaktivitas Pembelajaran Daring pada mata kuliah Designing E-Learning.
Copyrights © 2024