Jurnal Pembelajaran Inovatif
Vol. 7 No. 2 (2024): Jurnal Pembelajaran Inovatif

Pengembangan Video Interaktif “Materi Cedera” Pertolongan Pertama di PMR SMAN 5 Jakarta

Cahyani Puspitarini Ngazis (Universitas Negeri Jakarta)
Retno Widyaningrum (Universitas Negeri Jakarta)
Kunto Imbar Nursetyo (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2024

Abstract

Penelitian pengembangan ini menghasilkan video interaktif “Cedera” untuk anggota palang merah remaja SMAN 5 Jakarta. Model pengembangan menggunakan Hannafin & Peck terdiri tiga tahap yaitu analisis kebutuhan, desain, pengembangan dan implementasi serta evaluasi dan revisi di setiap tahapnya. Hasil pengembangan ini adalah 1 video pengantar dan 4 video interaktif ”Cedera”. Evaluasi formatif yang dilakukan yaitu review oleh 3 ahli dan pengguna. Hasil uji kelayakan produk diperoleh skor 3,80 dari ahli materi, skor 4,00 dari ahli pembelajaran, dan skor 3,80 dari ahli media. Dari ketiga perolehan skor termasuk kategori sangat baik. Selain itu, dilakukan uji coba one-to-one melibatkan 3 anggota dan uji coba Small group dengan melibatkan 9 mahasiswa yang terbagi menjadi 3 kelompok mendapat skor 3,84 kategori sangat baik. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa video interaktif “cedera” yang dihasilkan sudah dapat digunakan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Focus Pembelajaran Inovatif mendorong dosen, mahasiswa, praktisi, pemerhati, peminat TP dan guru untuk meneliti, menelaah, mengkaji, menelurkan gagasan kreatif terkait proses belajar di abad 21 & pembelajaran dari pendekatan konvensional namun inovatif hingga menggunakan teknologi ...